Jumat, 19 April 2024

Perpustakaan Pintar Jambangan Andalan Pemkot Surabaya dalam Lomba Perpustakaan Umum Terbaik 2022

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Disperpusip Jatim dan tim juri melakukan visitasi dan menilik fasilitas serta program di perpustakaan pintar Kelurahan Jambangan. Foto: surabaya.go.id

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengikuti lomba perpustakaan umum Terbaik pada Desa/Kelurahan tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim) tahun 2022. Perpustakaan Pintar di Kelurahan Jambangan jadi andalan Pemkot Surabaya.

Dalam laman resmi surabaya.go.id, perwakilan jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) dan tim juri melakukan verifikasi serta menilik fasilitas juga program di Perpustakaan Pintar Kelurahan Jambangan, hari Sabtu (6/8/2022).

“Verifikasi ini bagian dari tahapan lomba perpustakaan desa/kelurahan setiap tahunnya,” kata Dwi Widjajaningsih, Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Disperpusip Jatim.

Dia menjelaskan, verifikasi itu dilakukan untuk melihat langsung, sesuai tidaknya dengan presentasi yang dipaparkan masing-masing perpustakaan desa/kelurahan. Dalam lomba perpustakaan terbaik tahun 2022, ada 10 poin penilaian perpustakaan desa/kelurahan.

“Mulai sarana prasarana, organisasi, tenaga, pengelolaan, inovasi, presentasi dan masih banyak lainnya,” jelas Dwi.

Lomba diikuti enam kabupaten/kota yang dilaksanakan mulai akhir Juli sampai akhir Agustus 2022. Dwi berharap pada awal September 2022, panitia sudah bisa mengumumkan pemenangnya.

Sementara itu, Mia Santi Dewi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Surabaya menyampaikan, Perpustakaan Pintar Kelurahan Jambangan punya banyak kelebihan, antara lain soliditas kolaborasi antara warga dengan kelurahan dan kecamatan.

Mia berharap, Perpustakaan Pintar Jambangan bisa dijadikan contoh kelurahan/kecamatan lain di Kota Surabaya.

“Kami harap bisa memotivasi dan menginspirasi kelurahan/kecamatan lainnya, agar memberi dampak positif bagi masyarakatnya,” harap Mia.

Annita Hapsari Oktorina Sesoria, Camat Jambangan juga menyampaikan harapan agar Perpustakaan Pintar Jambangan bisa memberikan dampak positif, dan masyarakatnya bisa lebih sejahtera.

“Fasilitas kami bukan hanya ada perpustakaan, tapi juga ada kolam lele, di beberapa sudut ada gazebo pintar dan kafe satu padu yang bisa dimanfaatkan masyarakat, mempelajari berbagai ilmu,” katanya.(des/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs