Jumat, 19 April 2024

Petugas Disiagakan Bantu Warga Terdampak Banjir di Sidoarjo

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kendaraan melintas di jalanan yang tergenang saat banjir melanda bagian wilayah Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur. Foto: Pemkab Sidoarjo

Banjir karena luapan air sungai Tanggulangin sampai Balongdowo menimbulkan banjir di beberapa desa di Kecamatan Candi dan Tanggulangin.

Ahmad Muhdlor Bupati Sidoarjo, Minggu (28/11/2022), mengatakan Pemkab sudah menyiagakan petugas Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) dan dinas terkait untuk membantu warga yang terdampak banjir tersebut.

“Tingginya debit air yang datang dari barat ditambah hujan deras beberapa hari kemarin akhirnya sungai tidak mampu menampung volume debit air,” kata Muhdlor dilansir Antara.

Lebih rinci, selain BPBD, petugas yang disiagakan untuk membantu warga mulai dari dinas kesehatan, dinas sosial, hingga pemerintah kecamatan.

“Rumah warga yang terdampak banjir rata-rata yang dekat dengan aliran sungai. Seperti di Desa Balonggabus Kecamatan Candi, Perumahan Bumi Candi Asri, Desa Ngampelsari, dan Desa Sumorame, dan Desa Boro,” imbuhnya.

Selain itu, dia menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Sumber Daya Air menyedot genangan air di daerah terdampak banjir serta berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) untuk mengendalikan debit air di DAM Rolag Songo, di Kecamatan Tarik.

Sementara itu, Fenny Apridawati Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo sudah mengecek penyelenggaraan pelayanan kesehatan dasar di desa terdampak banjir.

“Tenaga kesehatan kita siagakan semua untuk membantu masyarakat. Kemarin kita ke Desa Ganggangpanjang, kemudian ke Desa Boro menyalurkan bantuan obat-obatan dan popok bayi. Kita turun membantu dan melayani kesehatan warga,” katanya.

“Perintah Bupati, Dinkes harus jadi garda terdepan membantu warga. Ini kita gerak cepat langsung turun bersama nakes. Semua puskesmas sudah saya minta siaga membantu warga,” tambahnya. (ant/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs