Sabtu, 20 April 2024

Pimpinan DPR Usulkan Aceh Jadi Satu-Satunya Embarkasi

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Sufmi Dasco Ahmad Wakil Ketua DPR RI memberikan keterangan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (8/9/2021). Foto: istimewa

Sufmi Dasco Ahmad Wakil Ketua DPR RI mengusulkan pada tahun haji berikutnya, agar Aceh menjadi satu-satunya embarkasi dalam memberangkatkan jamaah haji asal Indonesia ke Arab Saudi.

Menurut Dasco, ada beberapa alasan yang menjadikan usul ini penting untuk dipertimbangkan. Yaitu terkait dengan jarak tempuh yang lebih singkat dan adanya nilai sejarah.

“Jarak tempuh hanya 6 jam (dari Aceh ke Arab Saudi), kemudian secara historis, kita semua kan tahu, Aceh itu dikenal dengan Serambi Mekkah,” kata Dasco, Rabu (29/6/2022).

Selain itu, Dasco berharap usulan ini juga dapat menekan biaya haji agar lebih efektif dan efisien.

“Sehingga, secara pembiayaan, tidak terlalu memberatkan bagi para jamaah haji. Namun, tetap dengan pelayanan yang berkualitas dan optimal,” harap Dasco.

Untuk itu, dia meminta agar Komisi VIII DPR RI dan juga Kementerian Agama RI mengkaji usul tersebut secara lebih mendalam dan komperhensif.

Sekadar diketahui, tahun ini, Kementerian Agama sudah memutuskan untuk pemberangkatan jemaah haji Indonesia dari sembilan embarkasi.

“Aceh, Medan, Padang, sebagian Jakarta-Pondok Gede, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar dan Lombok,” terang Hilman Latief Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) dilansir dari situs resmi Kementerian Agama pada Rabu, (11/5/2022).(faz/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
33o
Kurs