Rabu, 10 Agustus 2022

PLN Ajak Masyarakat Beralih ke Kompor Induksi karena Dinilai Ramah Lingkungan

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Kompor induksi dinilai ramah lingkungan memiliki keunggulan lebih seperti lebih aman, praktis, efisien, dan nyaman, Kamis (7/7/2022). Foto : Humas PLN

PT PLN (Persero) terus mendukung transisi energi menuju energi ramah lingkungan salah satunya melalui penggunaan kompor induksi. Kompor induksi dinilai lebih aman, praktis, efisien, dan nyaman serta ramah lingkungan.

“Selain dari efisiensi dan kemudahan lain yang didapatkan dari penggunaan kompor induksi, negara juga memperoleh penghematan subsidi dan impor jika masyarakat beralih menggunakan kompor induksi. Untuk mensukeskan program ini kami juga terus menggencarkan promo-promo terkait yang mendukung seperti Nyamannya Kompor Induksi dan Layanan Ekstra Daya,” terang Hamzah, Senior Manager Komunikasi dan Umum, Kamis (7/7/2022).

Program Nyaman Kompor Induksi merupakan penawaran tambah daya dengan hanya membayar sebesar Rp150 ribu untuk pelanggan yang telah membeli kompor induksi melalui partner yang telah bekerja sama dengan PLN. Saat ini di Jawa Timur promo ini telah dinikmati 20.865 pelanggan sejak diluncurkan pada awal bulan Agustus tahun lalu.

“PLN juga memiliki produk layanan Ekstra Daya, yaitu paket tambahan kapasitas daya bagi rumah baru. Pelanggan cukup membayar biaya penyambungan daya 900 VA dan mendapat kapasitas daya 2.200 VA jika rumahnya sudah dilengkapi kompor induksi lengkap peralatan masak. Program ini dilakukan dengan menggandeng BUMN Karya, developer atau pengembang perumahan di berbagai wilayah,” tambah Hamzah.

Sejak diluncurkan pada Agustus tahun 2021, sebanyak 1.826 unit rumah telah memanfaatkan program ekstra daya, terbanyak dari PLN UP3 Surabaya Selatan sebanyak 531 unit, kedua dari PLN UP3 Pamekasan sebanyak 492 unit, dan terbanyak ketiga berasal dari PLN UP3 Gresik sebanyak 232 unit.

Di Sumenep, program ekstra daya ditandai dengan penandatanganan kerjasama antara PT PLN (Persero) UP3 Pamekasan dengan PT Berkat Batu Kencana sebagai salah satu pengembang perumahan, Senin (4/7/2022) lalu.

“Kerjasama ini merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam hal green energy. Setiap rumah yang kami bangun akan dilengkapi dengan 1 set kompor induksi,” ujar Puguh Uyung Prasetyo, Perwakilan PT Berkat Batu Kencana.

Ke depannya PT PLN (Persero) UP3 Pamekasan akan bekerja sama dengan banyak pengembang perumahan di kawasan Madura untuk mendukung program konversi kompor induksi.

Sama halnya di Ponorogo, telah dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama Layanan Ekstra Daya dalam rangka mendukung gerakan konversi 1 juta kompor Liquefied Petroleum Gas (LPG) ke Kompor Induksi. Promo ini diberikan bagi pembeli rumah/unit yang dibangun oleh rekanan PLN.

A Georgius Rangga Seta Direktur PT Bumi Citra Loka, mengapresiasi positif program layanan ekstra daya.

“Ibarat sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, kami mendukung program pemerintah konversi ke kompor induksi sekaligus mendapat promo esktra daya, membayar biaya penyambungan 900 VA tetapi mendapat daya 2200 VA untuk perumahan-perumahan yang akan digunakan nantinya,” pungkas Georgius.(man/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Kecelakaan Truk Terguling di KM 750 Tol Waru

Surabaya
Rabu, 10 Agustus 2022
25o
Kurs