Rabu, 1 Mei 2024

PLN Siagakan Personel dan Peralatan Hadapi Cuaca Ekstrem di Jawa Timur

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi petugas PLN sedang melakukan perbaikan jaringan listrik. Foto: PLN UID Jatim

PT PLN (Persero) melakukan serentetan upaya untuk meminimalisir potensi gangguan dan menjaga keandalan serta keselamatan kelistrikan selama musim hujan.

Berdasarkan peta prakiraan curah hujan BMKG, cuaca ekstrem hujan lebat disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia termasuk Jawa Timur.

Lasiran General Manager PLN UID Jawa Timur pihaknya telah memastikan kesiapsiagaan personel serta alat berat untuk melakukan evakuasi dan pengamanan infrastruktur kelistrikan jika terjadi kebanjiran dan pohon tumbang.

“PLN telah menyiagakan personel untuk tetap siaga menghadapi musim hujan dan cuaca ekstrem. Peralatan berat tetap kami siagakan untuk bisa gerak cepat melakukan pengamanan dan evakuasi jika terjadi hal yang di luar kontrol,” jelas Lasiran melalui keterangan tertulis.

Serangkaian upaya mulai dari patrol jaringan, inspeksi hingga pemeliharaan tanpa padam terus diupayakan untuk menjaga keandalan pasokan listrik saat musim penghujan. Sebanyak 136 personel PDKB yang dilengkapi 13 skylift dan 8 unit armada PDKB Sentung Langsung (SL) dan 10 unit armada PDKB Berjarak menggelar kegiatan pemeliharaan borderless PDKB di berbagai unit untuk menjaga kualitas pasokan listrik.

“Kegiatan pemeliharaan borderless (lintas unit) ini kami selenggarakan rutin di berbagai wilayah untuk menemukan titik rawan dan potensi yang mengganggu pendistribusian listrik,” imbuh Lasiran.

Untuk bisa mengantisipasi terjadinya kerusakan infrastruktur jaringan listrik, PLN telah melakukan pemeliharaan dan juga peninggian level gardu induk di wilayah potensi banjir. Selain itu, PLN secara konsisten melakukan pemeriksaan di sisi distribusi listrik untuk memastikan pada posisi yang aman dan tidak membahayakan.

“Kami juga mengimbau masyarakat untuk bisa memastikan instalasi kelistrikan di rumah rumah aman dan rutin melakukan pengecekan,” ujar Lasiran.

Jika mendapati potensi bahaya kelistrikan, Lasiran mengimbau agar masyarakat melaporkan informasi gangguan maupun keluhan bisa melalui aplikasi PLN Mobile.

“Seluruh layanan kelistrikan dapat diakses masyarakat melalui PLN Mobile, kami terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan,” ujarnya.(iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
27o
Kurs