Jumat, 26 April 2024

PMI Salurkan Satu Juta Liter Air Bersih untuk Pengungsi Gempa Cianjur

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
PMI pasokan 1 juta liter air untuk kebutuhan posko pengungsian di empat kecamatan di Cianjur, Jawa Barat, yang terdampak gempa 5.6 magnitudo. Foto: Antara

Palang Merah Indonesia (PMI) menyalurkan satu juta liter air bersih melalui 50 unit tandon air yang tersebar di 112 titik untuk keperluan posko pengungsian dan warga terdampak gempa di Cianjur, Jawa Barat.

Fajar Aciana Koordinator Lapangan Tanggap Darurat Bencana PMI Cianjur, Senin (5/12/2022), mengatakan sampai hari ke-15 usai gempa 5,6 magnitudo, PMI juga mendirikan empat posko bantuan yang terletak di Kecamatan Cugenang, Cianjur dan Warungkondang.

“Masing-masing posko lengkap melayani kebutuhan pengungsi mulai dari posko kesehatan, pelayanan trauma healing sampai pelayanan air bersih agar warga terhindar dari penyakit ketika menggunakan air tidak layak konsumsi,” katanya dikutip dari Antara.

Tercatat hingga saat ini, satu juta liter air yang dipasok PDAM Cianjur yang sudah didistribusikan ke empat kecamatan terdampak dan terus dilakukan hingga tiga bulan ke depan dengan menggunakan 17 unit truk tangki dari PMI pusat dibantu beberapa kabupaten/kota.

“Kita akan terus fokus dalam penyediaan air bersih untuk posko pengungsian dan perkampungan yang terdampak. Sejak beberapa hari terakhir, satu unit tangki kapasitas 5.000 liter dapat beroperasi tiga kali dalam sehari,” katanya.

Tidak hanya kebutuhan air, tutur Fajar, PMI juga memberikan pelayanan kesehatan tetap di empat posko serta layanan kesehatan mobile 24 jam setiap hari guna memastikan warga korban gempa yang tinggal di pengungsian dalam kondisi sehat.

“Pekan ketiga usai gempa, PMI mendapat tambahan tenaga medis dari berbagai universitas di Jakarta, Tanggerang, Bogor dan Bandung, sehingga pelayanan kesehatan lebih maksimal,” katanya.(ant/gat/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs