Rabu, 1 Februari 2023

Polisi Amankan Lima Ribu Detonator Bom Ikan di Pelabuhan Situbondo

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Dua pelaku perakit detonator bom ikan waktu dibekuk oleh Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Jatim di Pelabuhan Situbondo, Rabu (9/11/2022). Foto: Humas Polda Jatim.

Jajaran Polda Jawa Timur mengendus adanya pengiriman lima ribu bahan detonator bom ikan di Pelabuhan Situbondo dari Kepulauan Ra’as, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Mengetahui adanya informasi tersebut, Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Jatim melakukan penyelidikan dan mengamankan dua kardus mi instan berisi detonator bom ikan.

Kombes Pol Dirmanto Kabid Humas Polda Jatim membenarkan adanya temuan tersebut, kini dua orang pelaku yang diamankan sedang menjalani pemeriksaan.

“Dari hasil pemeriksaan sementara, detonator itu akan dijual ke Sulawesi dan Kalimantan,” ucap Dirmanto waktu memberi keterangan pada awak media, Kamis (10/11/2022).

Dia juga mengungkap, jika pelaku inisial MS merupakan seorang residivis dalam kasus yang sama. Sedangkan satunya inisial AF.

MS sudah pernah masuk ke dalam bui pada kasus yang sama tahun 2014, lalu yang kedua tahun 2021 kemarin. Dan ketiga, aksi pengirimannya harus digagalkan oleh Ditpolairud Polda Jatim di Pelabuhan Situbondo.

Para pelaku melakukan praktik pembuatan detonator itu di Pulau Ra’as yang masuk di wilayah Kabupaten Sumenep, Madura. Berdasar penyidikan sementara bahan peledak itu hendak dijual ke luar Pulau Jawa.

“Pembuatan detonator ini murni untuk bom ikan dan bukan untuk yang lain. Yang bersangkutan membuatnya di luar Pulau Jawa,” pungkas Dirmanto.(wld/rum/ipg)

Berita Terkait