Selasa, 14 Mei 2024

Polisi Minta Pengendara Tak Nekat Menerobos Proyek Drainase di Porong Sidoarjo

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Tangkapan layar video pengendara nekat lewati Jalan Raya Porong.

Iptu Irwan Kanit Lantas Polsek Porong mengimbau masyarakat yang melintas di Jalan Raya Porong, Sidoarjo, Jawa Timur untuk menggunakan jalur alternatif yang sudah disediakan, bukan menerobos tumpukan tanah galian.

Imbauan ini disampaikan untuk merespon sebuah video yang memperlihatkan beberapa pengendara sepeda motor nekat melewati area perbaikan saluran air (cross drain). Seorang pengendara terpeleset saat melewati jalan setapak di tengah tumpukan tanah saat hujan sedang mengguyur daerah tersebut

“Jadi saya membuktikan sendiri bahwa perilaku masyarakat +62 itu kita lihat seperti di Jakarta, sudah tahu jalur Busway, mending dia mengangkat kendaraan motornya. Hampir sama seperti yang terjadi di Porong. Saat ini sudah ada galian yang dalam juga di dalam galian tersebut ada besi tapi masih saja diterjang,” ujarnya kepada Suara Surabaya, Rabu (16/11/2022).

Dia melanjutkan bahwa hal itu sangat berbahaya, jika pengendara terjatuh, akibatnya bisa sangat fatal.

“Padahal kita sudah rapatkan sekali beton barrier itu, di Ketapang maupun di Pamotan tapi masih juga di terobos di celah-celahnya itu. Jadi kami mengimbau kepada warga yang mendengarkan bahwa hal itu sangat berbahaya. Dibawahnya itu ada besi, nanti kalau jatuh bisa fatal,” tuturnya.

Informasi tambahan, lanjut Iptu Irwan, sekarang para pengendara mulai naik melewati tanggul. Padahal pihaknya telah memasang bronjong batu untuk penyangga disana.

“Tetapi apa boleh buat, ada supoltas yang memasang ember sumbangan, mungkin jalan setapak pun di terjang pakai jalur off road,” katanya.

Untuk diketahui, Jalan Raya Porong sedang dalam perbaikan saluran air (cross drain) sejak tanggal 10 November-15 Desember 2022 mendatang. Perbaikan tersebut guna mengurangi genangan air yang kerap terjadi di wilayah itu saat musim hujan.

Kepolisian setempat telah melakukan rekayasa lalu lintas selama proyek tersebut berlangsung. Kendaraan dari arah Surabaya ke Malang, mulai dari bundaran Tanggulangin diarahkan belok kanan ke Jalan Arteri Porong. Sementara itu dari arah Malang ke Surabaya mulai dari Pos 6 dibelokkan ke kiri ke Jalan Arteri Porong.(gat/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
31o
Kurs