Jumat, 19 April 2024

Polsek Lakasantri Amankan 30 Gereja Dalam Rangkaian Hari Paskah

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Suasana di Gereja Katolik Santo Yakobus saat perayaan Natal. Foto: Dokumen suarasurabaya.net

Kepolisian Sektor  (Polsek) Lakarsantri siap mengamankan rangkaian hari Paskah pada 30 Gereja yang ada di wilayahnya, mulai dari Kamis Putih (14/4/2022) sampai dengan Hari Paskah pada, Minggu (17/4/2022).

Kompol Hakim Kapolsek Lakasantri pada Radio Suara Surabaya, Jumat (15/4/2022) mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengamanan selama empat hari yang dimulai sejak Kamis Putih.

“Kalau di wilayah hukum saya, di Kecamatan Lakarsantri dan Sambikerep ada sekitar 30 Gereja. Sehingga kita harus terus keliling untuk cek pengamanannya,” terang Hakim.

Kompol Hakim menjelaskan, terdapat delapan gereja yang melangsungkan kegiatan pada Jumat Agung hari ini. Beberapa melangsungkan kegiatan secara satu sampai tiga sesi.

“Kita amankan semuanya, tapi yang prioritas ada dua gereja besar yang melangsungkan sampai empat sesi, yakni Gereja Santo Yakobus dan Santo Stefanus. Jemaatnya sampai ribuan dan dimulai dari pukul 13.00 WIB sampai malam hari,” jelasnya.

Dalam pengawalan tersebut, Polsek Lakarsantri berkoordinasi dan melibatkan unsur tiga pilar untuk melakukan pengamanan. Pihaknya juga sudah melakukan mapping penempatan anggota di masing-masing titik.

Pasca terkendalinya pandemi Covid-19, pelaksanaan rangkaian momen hari paskah pun sudah mulai dilakukan secara tatap muka, sehingga dipastikan akan banyak jemaat yang hadir untuk melaksanakan peribadatan di dalam gereja. Meski demikian masing-masing gereja, lanjut Hakim, tetap memberlakukan syarat pendaftaran untuk jemaat yang akan hadir ke gereja.

“Semua tatap muka dan sudah offline. Kalau di Santo Yakobus, bisa 6.000 sampai 7.000 jemaat dalam satu sesi. Untuk jemaat yang boleh masuk ke gereja pun yang sudah mendaftar saja, yang belum yah tidak boleh masuk,” pungkas Hakim. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs