Kamis, 25 April 2024

PPIH Embarkasi Surabaya Pastikan Dua Visa CJH yang Bermasalah Sudah Beres

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Abdul Haris Kepala Bagian Haji Kementerian Agama Jawa Timur, Kamis (2/6/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Abdul Haris Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, memastikan dua visa jemaah yang nama dan jenis kelaminnya tertukar sudah selesai pada Rabu (8/6/2022) kemarin. Hal itu dipastikan, setelah dilakukan revisi dan perbaikan pada 2 visa tersebut sudah rampung yang saat ini dapat diambil untuk kedua jemaah.

“Sore ini kita akan jemput visanya ke Jakarta,” terangnya Rabu (8/6/2022) kemarin dikutip kominfo.jatimprov.go.id.

Dalam siaran pers PPIH Embarkasi Surabaya, dijelaskan kedua jamaah yang visanya sempat tertukar tersebut, akan segera digabungkan dan diterbangkan bersama degan kloter berikutnya, setelah melakukan PCR dengan hasil negatif.

Sebelumnya, terdapat 3 jamaah haji asal Lamongan yang visanya mengalami kendala dikarenakan adanya perbedaan nama antara visa dan paspor, salah jenis kelamin, dan tanggal kelahiran. Terkait dengan satu jemaah haji yang terkendala tanggal kelahirannya pada 30 Juni 1957, Sekretaris PPIH ini menjelaskan bahwa hal ini berkaitan dengan adanya perbedaan sistem.

“Karena yang dibaca oleh robotic sistem adalah 1 Juli, meski tanggal kelahirannya 30 Juni,” tutur Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Jatim ini.

Saat ini, pihaknya bersama Ditjen Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag RI tengah berupaya memperjuangkan keberangkatan jemaah haji yang terkendala visa tersebut. Karena menurutnya, hal tersebut juga dialami oleh beberapa jemaah haji lainnya di luar Jawa Timur.

“Komitmen kami untuk terus memperjuangkan. Tapi keputusan tetap berada pada pihak Arab Saudi. Kita doakan bersama semoga diberi kelancaran,” ujarnya.

Abdul Haris menambahkan, hingga saat ini, pengurusan visa di Jawa Timur sudah clear hingga kloter kesebelas, dan akan terus berproses hingga seluruh visa terselesaikan. (bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs