Senin, 30 Januari 2023

Presiden dan Ibu Negara Berkunjung ke Rumah Lahirnya Pancasila

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden dan Iriana Ibu Negara berkunjung ke Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende, NTT, Rabu (1/6/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden bersama Iriana Ibu Negara, pagi hari ini, Rabu (1/6/2022), berkunjung ke Rumah Pengasingan Bung Karno di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bangunan tersebut merupakan salah satu tempat penting dalam sejarah perjalanan Bangsa Indonesia. Karena, di situ Soekarno melakukan kontemplasi tentang nilai-nilai luhur bangsa yang kemudian dikenal dengan nama Pancasila.

Dalam kunjungan itu, Presiden dan Ibu Negara melihat berbagai macam barang-barang peninggalan Bung Karno bersama keluarga selama diasingkan oleh Pemerintah Kolonial Belanda.

Antara lain, lukisan tangan Bung Karno dan naskah drama sandiwara yang mengandung nilai persahabatan, kerakyatan, dan cintanya terhadap alam.

Syarifudin Juru Pelihara Rumah Pengasingan Bung Karno mengatakan, bangunan yang dipeliharanya terkenal sampai ke luar negeri.

Dia pun mengaku senang dan bersyukur atas kunjungan Jokowi Presiden ke Rumah Pengasingan Bung Karno, bertepatan peringatan Hari Lahir Pancasila.

“Saya bangga pada tahun 2022 hari ini tepatnya 1 Juni lahirnya Pancasila Bapak Presiden Joko Widodo sudah berkenan hadir di bumi lahirnya Pancasila, dan sempat berkunjung ke rumah Presiden pertama kita yaitu Ir. Soekarno, saya rasa bangga, senang, dan terharu,” ucapnya.

Sementara itu, Yudian Wahyudi Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menjelaskan, pada waktu diasingkan, Bung Karno pernah menyebut tempat ini sebagai ujung dunia.

Menurutnya, waktu itu Bung Karno tidak yakin Bangsa Indonesia bisa merdeka. Tapi, dengan jiwa cinta Tanah Air yang sangat besar, Bung Karno mampu mengubah situasi dan menjadikan semangat untuk kemerdekaan Indonesia.

“Di situlah Bung Karno memanfaatkan situasi yang sangat menekan menjadi semangat pembebas lebih lanjut. Oleh karena itu, Ende menjadi salah satu titik utama dalam perjalanan Bung Karno, Pancasila, dan akhirnya kemerdekaan,” ucap Kepala BPIP.

Sekadar informasi, Jokowi Presiden menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dan menjadikannya sebagai hari libur nasional dengan payung hukum Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016.

Tema Hari Lahir Pancasila tahun 2022 adalah Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia.

Peringatan Hari Lahir Pancasila merupakan bagian dari pengarusutamaan Pancasila sebagai panduan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.(rid/iss)

Berita Terkait