Rabu, 17 Agustus 2022

Presiden Mengajak Masyarakat di Desa Manfaatkan Lahan Kosong untuk Memenuhi Kebutuhan Pangan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden menghadiri acara puncak peringatan Hari Keluarga Nasional 2022, Kamis (7/7/2022), di Lapangan Merdeka, Kota Medan, Sumatera Utara. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, hari ini, Kamis (7/7/2022), menghadiri acara puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29, di Lapangan Merdeka, Kota Medan, Sumatera Utara.

Dalam pidato pengarahannya, Presiden mengajak seluruh keluarga menjamin keterpenuhan gizi anak-anaknya yang masih dalam masa pertumbuhan, untuk mencegah kekerdilan atau stunting.

Khusus untuk masyarakat di desa, Jokowi mengajak memanfaatkan lahan kosong dengan bercocok tanam dan beternak, supaya bisa memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari.

“Saya mengajak seluruh bupati, wali kota memanfaatkan lahan-lahan yang sekecil apa pun untuk menanam, untuk berproduksi kebutuhan pangan sehari-hari. Jangan sampai ada lahan kosong. Secara khusus, saya mengajak seluruh keluarga di Indonesia terutama di daerah-daerah pedesaan memanfaatkan lahannya untuk bercocok tanam dan beternak. Gunakan untuk memproduksi kebutuhan pangan sehari-hari dan meningkatkan asupan gizi anak-anak kita,” ujarnya.

Kemudian, Kepala Negara mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan lingkungan tempat tinggal.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu optimistis, kalau semua pihak, mulai dari pemerintah pusat, daerah sampai masyarakat bekerja sama, upaya menekan angka stunting bisa tercapai.

Pada momen Harganas tahun ini, Pemerintah Pusat mengajak seluruh pihak berperan aktif dan saling bergotong royong menurunkan angka stunting sesuai target yang sudah ditetapkan.

Berdasarkan data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), tingkat prevalensi stunting di Indonesia menurun dari 27,7 persen pada tahun 2019 menjadi 24,4 persen tahun 2021.

Jokowi Presiden menargetkan angka maksimum stunting di Indonesia menurun jadi 14 persen pada tahun 2024.

Sekadar informasi, Harganas merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap pentingnya arti keluarga untuk memperkuat ketahanan nasional.

Tema Harganas tahun 2022 adalah; Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Rabu, 17 Agustus 2022
26o
Kurs