Kamis, 2 Mei 2024

Purna-Paskibraka Surabaya Jadi Duta Pancasila, Diharapkan Jadi Teladan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Purna Paskibraka Surabaya saat foto bersama seusai acara penetapan menjadi Duta Pancasila, di Balai Kota Surabaya, pada Sabtu (17/12/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sebanyak 12 Purna-Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Surabaya tahun 2021, ditetapkan menjadi Duta Pancasila, di Balai Kota Surabaya, pada Sabtu (17/12/2022).

Penetapan itu dilakukan serentak bersama purna-paskibraka lainnya yang berasal dari Jawa Timur, di masing-masing kota dan kabupaten melalui hybrid.

Maria Theresia Ekawati Rahayu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bangkesbangpol) Kota Surabaya, mengatakan bahwa, dengan ditetapkannya purna-paskibraka Surabaya menjadi duta pancasila, maka mereka mempunyai tugas untuk memberi teladan kepada sesama.

“Memberi teladan, kemudian contoh tentang nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari kepada lingkungannya,” ucapnya seusai pengukuhan.

Ia mengatakan bahwa, mengimplementasikan Pancasila merupakan hal yang penting bagi bangsa Indonesia, tak terkecuali generasi muda saat ini.

“Pancasila ini harus lebih dipedomani, sebagai ideologi dan falsafah negara bagi semua kalangan,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa seluruh purna-paskibraka yang dikukuhkan, sebelumnya telah dilakukan tes oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) untuk menjadi duta pancasila.

“Sehingga ketika mereka dikukuhkan, adik-adik ini kan berasal dari sekolah, nah otomatis mereka nanti menjadi duta pancasila minimal di masing-masing sekolah, bagi masing-masing kawan,” jelasnya.

Sementara itu, saat disinggung soal tindak lanjut adanya pengukuhan tersebut, ia mengatakan bahwa pihaknya akan menunggu arahan dari pihak provinsi yang bekerjasama dengan BPIP.

“Kalaupun toh nanti diperlukan diklat khusus untuk Kota Surabaya, kami siap, Bangkesbangpol akan menindaklanjuti,” pungkasnya.(ris/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
31o
Kurs