Sabtu, 20 April 2024

Putin Bahas Situasi Ukraina dan Ketahanan Pangan Bersama Macron dan Scholz

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Presiden Rusia Vladimir Putin (tengah), Presiden Prancis Emmanuel Macron (kiri) dan Kanselir Jerman Olaf Scholz. Foto: Antara

Vladimir Putin Presiden Rusia mengadakan diskusi bersama dengan Emmanuel Macron Presiden Prancis dan Olaf Scholz Kanselir Jerman guna membahas situasi di Ukraina dan ketahanan pangan global.

Dalam sebuah diskusi tersebut Putin memberi tahu Macron dan Sholz terkait perkembangan terakhir operasi militer khusus Rusia di Ukraina.

Melansir Antara, Minggu (29/5/2022) Putin mengatakan bahwa pasukan bersenjata Rusia melangsungkan operasi militer dengan mematuhi norma-norma hukum kemanusiaan internasional secara ketat.

Putin memberi tahu Macron dan Scholz soal perkembangan terakhir dari operasi militer khusus Rusia di Ukraina, dengan mengatakan bahwa pasukan bersenjata Rusia mematuhi norma-norma hukum kemanusiaan.

“Pihak Rusia terbuka untuk melanjutkan dialog yang saat ini membeku bersama Ukraina,” kata Putin.

Pemimpin Rusia itu juga mengkritik pasokan senjata Barat untuk Ukraina, yang dirasa menambah peluang untuk merusak stabilitas situasi dan memperburuk krisis kemanusiaan.

Setelah banyak membicarakan tentang operasi militer, Putin juga membahas tentang kesulitan untuk pasokan pangan yang disebabkan oleh kebijakan ekonomi dan keuangan yang salah dari negara-negara Barat dan sanksi anti Rusia.

Melalui pernyataan Putim, Rusia telah siap membantu menemukan opsi untuk ekspor biji-bijian tanpa hambatan, termasuk ekspor biji-bijian Ukraina dari pelabuhan-pelabuhan Laut Hitam, tutur Putin.

“Kenaikan pasokan produk pertanian dan pupuk Rusia juga akan membantu meredakan ketegangan di pasar pangan global, yang akan memerlukan pencabutan sanksi-sanksi terkait,” pungkas Putin kepada Macron dan Scholz.(ant/wld/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs