Jumat, 26 April 2024

Rekayasa Lalu Lintas Imbas Perbaikan Jembatan Tenger dan Sembayat Gresik

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Jembatan Sembayat di Kecamatan Manyar, Gresik, yang akan dilakukan pelebaran mulai awal bulan Juli 2022. Foto: BBPJN Jatim Bali

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 4.3 Provinsi Jawa Timur akan melakukan perbaikan pada Jembatan Tenger dan Jembatan Sembayat Baru II mulai awal Juli 2022.

Kedua jembatan tersebut berada di ruas jalan nasional Surabaya – Gresik – Sadang atau lebih dikenal sebagai Jalan Daendles Gresik. Jembatan Tenger terletak di Jalan Maduran Km 23+720. Sementara Jembatan Sembayat Baru II terletak di Jalan Sadang Km 34+040. Keduanya berada dalam wilayah administrasi Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik.

“Untuk Jembatan Tenger akan dilakukan pelebaran. Sementara untuk Jembatan Sembayat Baru II akan dilakukan penanganan oprit selebar badan jalan pada daerah Abutmen 1 dan Abutmen 2 jembatan tersebut”, ujar Sentot Wijayanto, ST., MT. PPK 4.3 Provinsi Jawa Timur dalam keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net.

Pengerjaan pada kedua jembatan tersebut, kata Sentot, akan dimulai dari tanggal 1 Juli 2022 dan memakan waktu sekitar 4 hingga 5 bulan. Ditargetkan pekerjaan selesai dan dapat open traffic kembali pada akhir Oktober 2022 mendatang.

Untuk perbaikan Jembatan Tenger akan dimulai 1 Juli 2022 dan diawali dengan pemancangan pada kedua sisi jembatan.

“Pekerjaan pemancangan ini membutuhkan waktu selama 10 hari dan dilaksanakan pada malam, yaitu mulai pukul 21.00 WIB sampai 04.00 WIB pagi agar tidak menganggu lalu lintas”, jelasnya.

Terkait rekayasa arus lalu lintas Jembatan Tenger, pekerjaan pelebaran jembatan akan dimulai dari arah sebelah kiri (dari Gresik menuju Lamongan). Bagi pengendara roda 4 atau lebih, dari Manyar (JIIPE) menuju Surabaya dan juga sebaliknya, dialihkan melalui jalan tol Manyar – Osowilangun.

Sementara kendaraan roda 2 dapat melewati Jembatan Tenger pada saat pemancangan dengan rekayasa contra flow. Jika terjadi kepadatan, jalur alternatif lain bagi kendaraan roda 2 dan roda 4 dialihkan ke Jalan KH Syafii, Gresik.

Kemudian untuk rekayasa lalu lintas imbas penanganan oprit Jembatan Sembayat Baru II, untuk kendaraan roda 2 dan roda 4 akan dialihkan ke Jembatan Sembayat Baru (rangka) dan diberlakukan contra flow.

Sedang truk dan trailer diarahkan ke Jalan Manunggal, Kota Tuban yang melewati jalan nasional menuju Babat – Lamongan – Gresik.

“Dimohon para pengguna jalan yang hendak bepergian dari arah Surabaya atau Gresik menuju Sadang dan sebaliknya, untuk dapat memperhatikan rambu-rambu pengalihan arus di sekitar area pekerjaan,” ujarnya.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs