Sabtu, 20 April 2024

Republik Slovakia Mendirikan Kantor Konsulat di Surabaya

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Dari kiri ke kanan: Hermas Thony Wakil Ketua DPRD Surabaya, Rachmat Harsono Konsul Kehormatan Republik Slovakia untuk Republik Indonesia sekaligus Direktur Utama Samator Group, Jaroslav Chlebo Duta Besar Republik Slovakia untuk Republik Indonesia, Jumat (20/5/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Republik Slovakia mendirikan Kantor Kehormatan Konsulat untuk Republik Indonesia di Surabaya, tepatnya di Gedung The Samator lantai 16 pada Jumat (20/5/2022). Acara peresmian yang bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini dihadiri langsung oleh Jaroslav Chlebo Duta Besar Republik Slovakia untuk Republik Indonesia.

Rachmat Harsono selaku Konsul Kehormatan Republik Slovakia untuk Republik Indonesia sekaligus Direktur Utama Samator Group mengatakan, kantor ini merupakan media informasi bagi masyarakat Jawa Timur dan Indonesia timur.

“Kantor ini diinisasi sudah dua tahun lalu, tapi karena pandemi mundur-mundur terus. Adanya kantor ini untuk memudahkan akses warga Jatim atau wilayah timur yang ingin tahu soal Slovakia mulai trade, seni, education, budaya. Silakan menanyakan ke kami,” ujar Rachmat Harsono.

Kantor di Surabaya, lanjut Rachmat, merupakan kepanjangan tangan dari Kantor Konsulat Slovakia di Jakarta. “Kalau ada warga Slovakia di wilayah timur dan membutuhkan asistensi kita, kita siap membantu,” tambahnya.

Tidak hanya itu, Rachmat berharap, dengan adanya kantor ini bisa membuat hubungan perdagangan antara dua negara bisa terjalin dengan baik. Termasuk hubungan-hubungan strategis lainnya di bidang olahraga, pendidikan, maupun bisnis.

“Trade (perdagangan), khususnya Jatim, wilayah timur, dengan adanya kantor ini, barang dari Slovakia bisa masuk, yang dari Jatim juga bisa keluar, tidak cuma lewat Jakarta saja,” imbuhnya.

Dalam rangkaian sacara peresmian tersebut juga diadakan pameran seni lukis yang menampilkan 50 lukisan karya pelukis Slovakia. Salah satunya Madame Jana Chlebova-Beckova, pelukis cat air asal Slovakia yang merupakan istri dari Jaroslav Chlebo.

“Kita undang juga Zeta Ranniry Abidin pelukis berbakat asal Jawa Timur. Sengaja ngundang pelukis Jatim juga untuk sharing Slovak’s painting di Indonesia supaya mereka tau. Teknik menggambar itu kan sama, tapi persepsi yang berbeda. Siapa tahu nanti Jawa Timur painter bisa pameran di Slovakia,” ujar Rachmat.

Turut hadir, Hermas Thony Wakil Ketua DPRD Surabaya. Thony memberikan apresiasi atas berdirinya Kantor Konsulat Slovakia di Surabaya dengan harapan dapat membuka hubungan antara Slovakia dengan Surabaya.

“Harapan kami dengan adanya kantor ini, komunikasi, diplomasi, informasiantara daerah-daerah di Slovakia dengan kita bisa lebih intensif,” ujar Thony saat hadir di acara Painting Exhibition. (lta/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
26o
Kurs