Sabtu, 10 Desember 2022

Rombongan Presiden RI Mendarat di Moskow Rusia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI dan Iriana Ibu Negara turun dari pesawat di Bandara Vnukovo II, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang mengangkut Joko Widodo Presiden RI dan rombongan, mendarat di Bandara Vnukovo II, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022), sekitar pukul 11.00 waktu setempat.

Cuaca cerah mengiringi kedatangan Jokowi dan Iriana Joko Widodo di Rusia.

Beberapa menit sesudah pintu pesawat terbuka, Presiden dan Ibu Negara turun lewat tangga.

Pejabat Federasi Rusia antara lain Igor Viktorovich Bogdashev Kepala Protokol Negara Federasi Rusia, dan Mikhail Bogdanov Wakil Menteri Luar Negeri Federasi Rusia menyambut di ujung tangga.

Selain itu, ada Jose Antonio Morato Tavares Duta Besar RI Moskow, dan Kolonel Budi Susilo Atase Pertahanan KBRI Moskow.

Dari bandara, Presiden dan Ibu Negara beserta rombongan menuju hotel tempat transit sebelum berangkat ke Kremlin, untuk bertemu Vladimir Putin Presiden Rusia.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana antara lain Retno Marsudi Menteri Luar Negeri, dan Pramono Anung Sekretaris Kabinet.

Sebelumnya, Retno Marsudi Menteri Luar Negeri mengkonfirmasi kunjungan Jokowi Presiden ke Rusia dan Ukraina pada akhir Juni ini. Selain membahas isu kemanusiaan, Presiden juga akan mencoba memberikan kontribusi menangani isu pangan. Kunjungan tersebut juga akan menjadikan Indonesia sebagai negara Asia pertama, yang melakukan lawatannya di tengah konflik kedua negara.

Dalam pertemuan itu, Jokowi akan dikawal oleh 39 orang pasukan elite dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Pasukan elit ini berasal dari tiga unsur TNI, baik dari TNI AD yang ditempa di Kopassus, TNI AL yang pernah ditempa di Denjaka, dan TNI AU yang pernah ditempa di Paskhas.(rid/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Sabtu, 10 Desember 2022
32o
Kurs