Kamis, 25 April 2024

Sandiaga Akui Sedang Menghitung Dampak BBM ke Sektor Pariwisata

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Foto: Antara

Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengatakan sedang menghitung secara cermat dampak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kami sedang menghitung secara cermat dampak pada pariwisata, terutama yang terpicu dari kenaikan biaya transportasi dan juga bahan baku ekonomi kreatif,” kata Sandiaga di sela kunjungannya ke Kampung Wisata Campaga, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, Selasa (7/9/2022) dilansir Antara.

Sandiaga mengakui, kondisi saat ini sangat sulit bagi pelaku industri pariwisata, ekonomi kreatif dan masyarakat pada umumnya. Menurut dia, beban hidup semakin berat, karena itu ia berharap agar semua pihak lebih banyak berempati dan mengulurkan bantuan pada yang membutuhkan.

“Pemerintah juga akan hadir dengan tambahan bantuan sosial pada masyarakat yang membutuhkan,” katanya.

Juga yang terpenting, lanjut Menparekraf, bagaimana menyikapi kesulitan itu dengan bergandengan tangan untuk terlepas dari masa-masa sulit. Dengan saling bahu-membahu dan gotong royong sesuai jati diri bangsa, diyakini dapat terlepas dari persoalan yang sulit.

“Kami akan menyiapkan langkah-langkah strategis agar wisatawan tetap berkunjung ke destinasi wisata dan penjualan ekonomi kreatif tidak terlalu terdampak secara signifikan,” paparnya.

Langkah strategis itu di antaranya memberikan pelatihan dan pendampingan pada pengelola destinasi wisata agar pengelolaan keuangannya lebih baik, juga membantu dalam akses pembiayaan dan pemasaran.(ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs