Jumat, 19 April 2024

Satgas Transformasi Sepak Bola Akan Bentuk Pusat Krisis

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Mochamad Iriawan atau Iwan Bule saat mengucapkan duka cita secara langsung di Stadion Kanjuruhan Malang, Minggu (2/10/2022) malam. Foto: Risky suarasurabaya.net

Satuan Tugas (Satgas) Transformasi Sepak Bola Indonesia, yang dibentuk usai Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, akan mendirikan Pusat Krisis sebagai tempat kerja terpadu.

“Pusat krisis akan segera ditetapkan untuk satgas bekerja bersama-sama,” ujar Mochamad Iriawan Ketua Umum PSSI dilansir Antara dari laman PSSI, Jumat (21/10/2022) malam.

Kebijakan tersebut menjadi salah satu hasil dari rapat perdana gugus tugas tersebut yang digelar di Jakarta, Jumat, secara daring maupun luring.

Peserta yang bergabung secara virtual hanya Serge Dumotier Kepala Keselamatan dan Keamanan FIFA, serta Brian Johnson Kepala Keselamatan dan Keamanan AFC.

Sisanya, seperti Ketua Umum PSSI, Niko Nhouvannasak serta Chen Jin Manajer Proyek FIFA untuk Asia timur dan Regional ASEAN, perwakilan KONI, Kemenpora, Kemen PUPR, Kemenkes, Kemendagri, PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan Polri hadir secara langsung di lokasi.

Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia bertugas untuk menemukan rumusan tentang tata kelola sepak bola di Indonesia, menyinkronkan peran juga tanggung jawab dari setiap pemangku kepentingan sepak bola (mulai dari PSSI, pemerintah dan kepolisian, sampai klub peserta dan penonton), memperbaiki manajemen infrastruktur, pengamanan & penyelamatan, manajemen kerumunan, manajemen penonton serta edukasi sepak bola.

“Gugus Tugas dibentuk untuk transformasi sepak bola Indonesia seperti yang diinstruksikan oleh Presiden Joko Widodo. PSSI bekerja bersama pemerintah untuk memperbaiki tata kelola sepak bola Indonesia dan memastikan tragedi di Kanjuruhan tidak terjadi lagi,” kata Iriawan.

FIFA dan AFC, kata Iwan Bule, akan membantu dari sisi keselamatan, keamanan dan infrastruktur stadion. Hal itu demi memastikan Indonesia menjadi tempat yang nyaman untuk sepak bola. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs