Senin, 6 Mei 2024

Siang sampai Sore Ini Beberapa Wilayah Jatim Berpotensi Hujan Lebat

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan disertai petir. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas sedang sampai lebat disertai petir, berpotensi terjadi di beberapa wilayah Jawa Timur (Jatim), Selasa (20/12/2022) sore.

Dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, hujan akan mengguyur wilayah Kota Surabaya, Madiun, Kabupaten Sidoarjo, Mojokerto, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Ngawi, Pasuruan, Probolinggo, Bondowoso dan Situbondo.

Masih belum ada informasi, terkait potensi hujan pada malam hari di wilayah Jatim.

Sebagai informasi, suhu udara di wilayah Jatim dikabarkan mencapai 14 sampai 34 derajat celcius, dengan kelembapan udara angka 50 sampai 100 persen. Angin akan dominan berhembus dari arah Barat Daya ke Selatan dengan kecepatan lima sampai 30 kilometer per jam.

Peringatan dini cuaca tiga harian Jawa Timur, Selasa (20/12/2022). Foto: BMKG

Sementara itu, BMKG Maritim Tanjung Perak juga memprakirakan potensi hujan ringan hingga sedang yang dapat terjadi di seluruh wilayah Perairan Jatim.

Arah angin didominasi dari Barat Daya ke Barat, dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur 17 knots (31 kilometer per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 19 knots (35 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.1-0.3 meter dan Laut Jawa bagian timur antara 0.2-1.8 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.3-3.3 meter.

Waspadai tinggi gelombang lebih dari 2.5 meter di Perairan Selatan Jatim dan Samudera Hindia selatan Jatim. (bil/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
28o
Kurs