Jumat, 26 April 2024

BMKG Prakirakan Jatim Berpotensi Hujan Lebat Hari Ini

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi Hujan. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat berpotensi turun di beberapa wilayah Jawa Timur, Senin (19/12/2022).

Mengutip keterangan resmi yang diterima suarasurabaya.net, BMKG Juanda mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi cuaca tersebut pada siang hari di wilayah Surabaya, Kota Mojokerto, Gresik, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Ponorogo, Kab. Malang, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso dan Pamekasan.

Kemudian di wilayah Gresik, Tuban dan Bangkalan berpotensi turun hujan pada malam hari.

Suhu di udara di Jatim berkisar 14-33 derajat Celcius dengan kelembapan udara 55-100 persen. Arah angin dominan dari Barat Daya-Barat dengan kecepatan 5-30 kilometer per jam.

Sementara itu, BMKG Maritim Jawa Timur juga mengimbau masyarakat di wilayah pesisir untuk mewaspadai gelombang tinggi lebih dari 2,5 meter di perairan Indonesia, Senin (19/12/2022).

Potensi uaca yang terjadi hari ini di wilayah perairan Jawa Timur yakni diguyur hujan ringan hingga sedang.

Arah angin didominasi dari Selatan – Barat Daya dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 17 knots (31 kilometer per jam) dan Samudra Hindia selatan Jatim sebesar 11 knot (20 kilometer per jam).

Kondisi angin tersebut berpeluang terjadinya gelombang tinggi setinggi 0,1-0,3 meter di perairan Selat Madura dan Laut Jawa bagian timur dengan ketinggian antara 0,2-0,8 meter.

Sedangkan, gelombang dengan setinggi lebih dari 2,5 meter (kisaran 1,3-3,3 meter) berpeluang terjadi di perairan Samudra Hindia selatan Jatim.(tik/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
32o
Kurs