Minggu, 5 Mei 2024

Soal Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Tegaskan Pihak yang Bersalah Harus Mendapat Hukuman

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memberikan keterangan di KIT Batang, Jawa Tengah, Senin (3/10/2022). Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden sudah memerintahkan jajarannya mengusut tuntas tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang mengakibatkan 125 orang meninggal dunia dan ratusan lainnya luka-luka.

Secara khusus, Presiden memerintahkan Menteri Pemuda dan Olahraga, Kapolri serta Ketua Umum PSSI mengevaluasi total pelaksanaan pertandingan sepak bola, termasuk prosedur pengamanannya.

Jokowi menegaskan, pihak yang terbukti bersalah harus mendapatkan sanksi untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Negara, Senin (3/10/2022) sore, di Kawasan Industri Terpadu Batang, Provinsi Jawa Tengah.

“Sudah saya sampaikan, diinvestigasi tuntas, diberikan sanksi kepada memang yang bersalah,” ujar Presiden.

Sebelumnya, Mahfud Md Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) mengatakan, Pemerintah membentuk tim gabungan independen pencari fakta untuk mengungkap tuntas tragedi Kanjuruhan.

Tim yang dipimpin Menko Polhukam terdiri dari unsur pejabat/perwakilan kementerian terkait, organisasi profesi olahraga sepak bola, pengamat, akademisi, dan media massa.

Untuk jangka pendek, Pemerintah menginstruksikan Polri segera mengungkap pelaku yang terlibat tindak pidana, dan mengevaluasi penyelenggaraan keamanan di daerah setempat.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs