Jumat, 9 Desember 2022

Presiden Bentuk Tim Independen Untuk Usut Tragedi Kanjuruhan Maksimal Satu Bulan

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Foto: Rizky suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden RI membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) untuk mengusut tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022) malam. Tim itu akan bekerja dengan waktu dua minggu hingga maksimal satu bulan.

TGIPF itu akan langsung bekerja di bawah komando Mahfud MD Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Total ada 10 anggota dalam Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang akan menggali fakta lebih dalam terkait Tragedi Kanjuruhan. Mereka terdiri dari akademisi, pengamat sepakbola, jurnalis olahraga, hingga mantan pemain sepakbola Tanah Air.

“(Hasil) disampaikan kepada presiden untuk penilaian kebijakan olahraga nasional khususnya sepak bola secara menyeluruh. Ditemukan pelaku-pelaku tindak pidana selain yang ditemukan Polri secara pro justisia,” kata Mahfud MD Menko Polhukam saat konferensi Pers, Senin (3/10/2022).

Tim independen ini, lanjut Mahfud akan menginvestigasi lebih dalam jika ditemukan kesalahan-kesalahan pihak yang lebih besar.

“Mungkin saja nanti setelah diselidiki ditemukan kesalahan oleh orang yang lebih besar. Nah ini tentu akan disalurkan lagi ke Polri. Jika menyangkut uang bisa saja diserahkan ke KPK. Tim ini yang akan menggali,” terangnya.

Mengenai aspek yang akan disasar oleh Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF), Mahfud mengaku akan segera melakukan rapat marathon dengan tim besok.

“Kita masih akan rapat dulu (besok), aspek-aspeknya di otak saya sudah banyak ini tapi nanti dulu lah, yang jelas ada latar belakang, proses, macem-macem lah,” kata Mahfud.

Tim ini, lanjut Mahfud MD akan bekerja hingga 1 bulan ke depan. Hasilnya akan bersifat rekomendasi yang akan disampaikan ke Presiden Joko Widodo.

“(Hasilnya) disampaikan kepada Presiden untuk penailain kebijakan olahraga nasional khususnya sepakbola secara menyeluruh,” tandas Mahfud MD.

Sementara itu saat ini, PT Liga Indonesia Baru (LIB) resmi menghentikan sementara kompetisi Liga 1. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta PSSI menghentikan kompetisi ini hingga evaluasi dan perbaikan dilakukan secara menyeluruh.

Berikut anggota Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) :

Ketua : Menko Polhukam – Prof. Mahfud MD
Wakil Ketua : Menpora – Zainuddin Amali
Sekretaris : Dr. Nur Rochmad, S.H.,M.H. – Mantan Jampidum/Mantan Dep. Ill
Kemenko Polhukam

Anggota:

1. Prof. Dr. Rhenald Kasali (Akademisi/UI)
2. Prof. Dr. Sumaryanto (Rektor UNY)
3. Akmal Marhali (Pengamat Olahraga/Koord. Save Our Soccer)
4. Anton Sanjoyo (Jurnalis Olahraga – Harian Kompas)
5. Nugroho Setiawan (Mantan Pengurus PSSI dengan Lisensi FIFA)
6. Letjen TNI (Purn.) Doni Monardo (Mantan Kepala BNPB)
7. Mayjen TNI (Purn.) Dr. Suwarno S.IP.,M.Sc (Wakil Ketum 1 KONI)
8. Irjen Pol (Purn.) Sri Handayani (Mantan Wakapolda Kalimantan Barat)
9. Laode M. Syarif, S.H., LLM., Ph.D (Kemitraan)
10. Kurniawan Dwi Yulianto (Mantan Pemain Timnas/APPI). (lta/gat/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Jumat, 9 Desember 2022
30o
Kurs