Jumat, 26 April 2024

Stok Darah Menipis, PMI Surabaya Gelar Donor Darah Bersama Suara Surabaya Media

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Membantu ketersediaan kantong darah, PMI Surabaya dan Suara Surabaya Media menggelar acara donor darah, Sabtu(8/1/2022). Foto: Manda Roosa suarasurabaya.net

Mengantisipasi minimnya stok darah di Kota Surabaya, UTD PMI Surabaya dan Suara Surabaya Media menggelar kegiatan donor darah. Kegiatan itu berlangsung di Gedung Suara Surabaya Centre, Sabtu(8/1/2022)

Trixie Hendrias Humas UTD PMI Surabaya mengatakan, saat ini stok darah mengalami kekosongan.

“Semenjak akhir tahun ini dan awal Januari memang stok darah menipis dan cenderung kritis, ini dikarenakan memang terjadi penurunan pendonor karena biasanya sebelum pandemi 350-400 pendonor setiap harinya,” kata Trixie.

Saat pandemi pendonor juga mengalami penurunan rata-rata  sehari sekitar 250,  namun di akhir tahun dan di awal tahun Januari  makin menurun dan hanya  hanya 150-200 pendonor per hari.

Jumlah ini tentu tidak memenuhi, karena permintaan darah dalam sehari kurang lebih 250 kantong.

“Bisa jadi penurunan ini karena pengaruh dari liburan akhir tahun, sehingga banyak yang pedonor masih menunda donor darah,” ujar Trixie.

Selain itu, penyebab kekosongan kantong darah karena  instansi-instansi yang biasanya rutin jadwal donor darah, di akhir tahun ini juga belum melaksanakan sehingga akhirnya berdampak stok darah saat ini menipis dan kritis.

“Untuk pelaksanaan donor di Suara Surabaya Centre untuk hari ini ditargetkan sekitar 200 orang pendonor,” katanya.

Hingga saat ini pendonor yang sudah mendaftar secara online melalui aplikasi reblood sudah terpenuhi sekitar 150 orang, sedangkan sisa kuota diberikan untuk pendonor yang datang langsung ke lokasi.

“Semoga dengan tambahan kantong darah ini, bisa lebih aman beberapa waktu kedepan membantu masyarakat,” kata Trixie. (man/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs