Minggu, 3 Maret 2024

Surabaya Bergerak Pekan Kelima, Warga Pabeancantian Berhasil Mengeruk Sendimen Menumpuk di Selokan Pasar

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Warga membersihkan selokan di Pasar Bong, Kecamatan Pabeancantian Surabaya dibantu Bhabinsa TNI dalam pekan kelima 'Surabaya Bergerak', Minggu (11/12/2022). Foto: Januar Rizal via WA SS

Memasuki pekan kelima “Surabaya Bergerak”, Minggu (11/12/2022), warga Kota Pahlawan Jawa Timur (Jatim) masih antusias melaksanakan kerja bakti.

Terbaru, kerja bakti tidak hanya dilakukan membersihkan lingkungan rumah, tapi dilakukan di sebuah pasar. Salah satunya di Pasar Bong RW 01 Kelurahan Bongkaran Kecamatan Pabeancantian.

Januar Rizal Camat Pabean Cantian pada Radio Suara Surabaya mengatakan, kerja bakti itu tidak hanya gotong royong dilakukan warga, tapi juga dibantu unsur TNI-Polri. Fokus giat kerja bakti yaitu saluran air atau selokan di pasar yang sudah lama tidak dibersihkan.

“Fokus kami memang saluran, karena kalau hujan sering ada genangan. Dan ternyata benar, saat dibuka sendimennya luar biasa. Ada lumpur, kain dan sampah lainnya,” kata Januar.

Dia mengungkapkan, setelah dibersihan air di selokan tersebut perlahan mulai mengalir yang sebelumnya tersumbat. Menurut Januar, selama ini warga maupun petugas kebersihan pasar hanya membersihkan bagian atas selokan saja tanpa pernah membersihkan bagian dalamnya.

“Tidak pernah dibuka (tutup selokannya), jadi tidak tahu kalau banyak sendimen dan sampahnya. Apalagi di pasar ini kondisi jalan ketinggiannya rata sehingga air juga pasti sulit mengalir,” ungkapnya.

Ke depan, kata Camat Pabean Cantian, kerja bakti bersih-bersih saluran akan lebih sering dilakukan. Mengingat sekarang masih musim penghujan.

Selain bersih-bersih selokan, umbul-umbul atau aksesoris yang ada di atas gang pasar juga dibersihkan supaya terlihat lebih terang. Sehingga, pengunjung merasa lebih nyaman.

Untuk diketahui, kegiatan “Surabaya Bergerak” terselenggara atas inisiasi Suara Surabaya Media dengan Pemerintah Kota Surabaya yang melibatkan unsur pentahelix, didukung PT Pelindo Terminal Petikemas, CitraLand Surabaya Green, Clean and Modern International City dan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER).

Program itu mengajak warga untuk kerja bakti serentak membenahi saluran tersier di perkampungan. Langkah itu mendukung Pemkot Surabaya yang sedang melakukan perbaikan, juga pembangunan saluran primer mau pun sekunder.

Selain mengoptimalkan penanganan banjir, Surabaya Bergerak juga bertujuan membangun serta memupuk semangat gotong-royong warga dalam menjaga kotanya.(bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Minggu, 3 Maret 2024
27o
Kurs