Sabtu, 27 April 2024

“Surabaya Bergerak” Mampu Tingkatkan Gotong Royong dan Kepedulian Lingkungan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Pengangkutan sedimen selokan yang dilakukan oleh warga dalam acara Surabaya Bergerak,di sepanjang gang sekolahan RT 8 RW 9 Jemur Wonosari, pada Minggu (27/11/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Gerakan sosial berupa kerja bakti massal atau “Surabaya Bergerak” yang digelar di seluruh wilayah Kota Surabaya setiap bulan mampu meningkatkan semangat warga dalam bergotong-royong dan peduli terhadap lingkungannya.

Salah satunya kegiatan “Surabaya Bergerak” yang dilaksanakan di RW 1, RW 6, dan RW 9, Kelurahan Perak Utara, Kecamatan Pabean Cantian, Surabaya, Ahad. Di tiga RW tersebut, warga tampak sibuk membersihkan lingkungannya, mulai dari mengeruk sedimen di saluran air, sampah, hingga tumpukan barang bekas.

“Ada beberapa sampah yang menyumbat, ada pula pasir dan lumpur itu turut kami keluarkan. Kalau nggak diambil, saat hujan bakal menggenang,” kata Agus, warga Jalan Kalimas RT 14/RW 9, Kelurahan Perak Utara.

Agus mengatakan sudah mulai membersihkan sejak pukul 06.00 WIB bersama tetangga sekitarnya. Sasaran utama yang dibersihkan oleh warga yaitu saluran air yang tersumbat oleh endapan limbah rumah tangga.

Sebelum kawasan perkampungan di sekitar rumah Agus dibersihkan, ketika hujan selalu terjadi genangan. Meskipun ada genangan setelah hujan, namun air cepat surut. “Walaupun menggenang cepat surut, karena sebelumnya kami juga rutin kerja bakti,” kata dia seperti dilansir Antara.

Selain di Kelurahan Perak Utara, Kecamatan Pabean Cantian, kegiatan ini juga dilaksanakan di Jalan Kalianyar Wetan Gang V, Kelurahan Kapasari, Kecamatan Genteng. Di kawasan ini, warganya tak kalah semangat dalam membersihkan lingkungan.

“Kami sebelumnya sudah sering kerja bakti bersama, berhubung kampung ini jalan umum dan juga ada pasar, kadang ada orang tidak bertanggung jawab nekat buang sampah sembarangan. Jadi harus rutin dilakukan,” kata Salikin, warga Kalianyar Wetan Gang V.

Secara pribadi, pihaknya mendukung program yang digagas oleh Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya tersebut. Menurut dia, dengan program ini warga menjadi lebih peduli dengan kebersihan lingkungan.

Gerakan sosial yang diinisiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama unsur pentahelix ini bertujuan untuk memupuk semangat gotong-royong warga dalam menjaga kotanya.

Sifat dari gerakan sosial ini adalah bentuk kesukarelaan dan inisiatif para pemangku wilayah dengan diawali kerja bakti bersama membersihkan lingkungan. Kemudian, gerakan sosial ini dilanjutkan ke aktivitas lain yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup warga Surabaya dalam keberagaman.

Melalui program tersebut, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya ingin mengubah paradigma bahwa sebuah kota akan menjadi luar bisa apabila pemerintah dan seluruh elemen dapat berkolaborasi bersama. Seperti halnya dahulu ketika seluruh suku, ras dan agama di Surabaya berjuang dan bergotong-royong dalam merebut kemerdekaan.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs