Jumat, 19 April 2024

Tahun Ini 1,7 Juta Kendaraan Pemudik Keluar Jabotabek, Rekor Paling Tinggi

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi

Dwimawan Heru Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (persero) mengatakan, arus lalu lintas kendaraan mudik tahun ini tercatat sebagai rekor paling tinggi.

Berdasarkan data, pada periode Lebaran Idulfitri 1443 Hijriah, ada 1,7 juta kendaraan keluar dari Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabotabek) menuju arah timur (Jalan Tol Trans Jawa dan Bandung), arah barat (Merak), dan arah selatan (Puncak Bogor).

Menurutnya, angka itu naik 9,5 persen dibandingkan arus kendaraan pada masa Lebaran Idulfitri tahun 2019 sebelum adanya pandemi Covid-19.

“Kalau dibandingkan dengan lalu lintas normal pada periode November 2021 yang tercatat sebagai arus lalu lintas tertinggi di masa pandemi, 1,7 juta kendaraan yang melintas di periode mudik tahun ini naik 18,6 persen,” ujarnya lewat keterangan tertulis, Selasa (3/5/2022).

Dari sisi distribusi lalu lintas, Heru menjelaskan daerah tujuan favorit pemudik menuju arah timur lewat Jalan Tol Trans Jawa, mencapai 53,8 persen dari total pemudik.

Kemudian, 27,6 persen menuju arah Merak, Banten, dan 18,7 persen menuju arah Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Dengan tingginya lalu lintas kendaraan pemudik, pihak Jasa Marga mengimbau masyarakat yang ada di kampung halamannya mengatur waktu perjalanan kembali ke Jabotabek.

Sebelumnya, Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus balik tahun ini akan terjadi tanggal 7-8 Mei 2022.

Karena, pemerintah menetapkan masa cuti bersama Lebaran Idulfitri 1443 Hijriah cuma sampai tanggal 9 Mei.(rid/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs