Minggu, 5 Mei 2024

Tanggapi Agenda Demo Mahasiswa, Menkominfo: Kami Siap Fasilitasi

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Johnny G. Plate Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI saat diwawancarai awak media massa di Jakarta, Minggu (10/4/2022). Foto: Antara

Johnny G. Plate Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI mengatakan, pemerintah sangat menghormati dan menjaga kebebasan pers, berserikat, serta menyampaikan pendapat, termasuk demonstrasi.

“Demonstrasi adalah bagian dari keterbukaan kebebasan tersebut,” katanya, di Jakarta, Minggu (10/4/2022) dilansir Antara.

Namun, lanjut dia, saat ini tuntutan untuk menjaga masalah dalam negeri sangat tinggi, terutama masalah-masalah perekonomian dan agenda nasional lainnya, salah satunya G20.

Menurut dia, penyelenggaraan agenda G20 bukan perkara gampang. Apalagi, situasi global saat ini sedang tidak mudah terutama adanya tarik ulur kekuatan dunia yang memengaruhi persiapan Indonesia dalam penyelenggaraan G20.

“Ini semua membutuhkan soliditas nasional,” Tambah Johnny.

Dengan fokus dan solid, ia menyakini beragam masalah nasional termasuk dampak global tersebut bisa terselesaikan dengan baik.

Oleh karena itu, apabila masih ada masyarakat terutama mahasiswa yang belum yakin dengan apa yang disampaikan Presiden, maka bisa dikomunikasikan dengan baik.

Selaku Menkominfo, Johnny bersedia setiap saat memfasilitasi hal tersebut agar bisa dikomunikasikan dengan cara-cara yang baik. Tidak hanya itu, Mahfud MD Menteri Koordinator (Menko) Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) menyatakan selalu terbuka untuk dialog.

“Sekali lagi, demonstrasi atau unjuk rasa adalah hal yang lumrah di negara demokrasi,” ujar dia.

Sementara itu, Adi Prayitno pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah mengingatkan, unjuk rasa yang bakal digelar mahasiswa pada Senin 11 April 2022 jangan sampai mencederai muruah mahasiswa dengan melakukan tindakan anarkis.

“Kebebasan berpendapat dan berekspresi merupakan hak konstitusional setiap orang termasuk mahasiswa. Namun, penyampaian pendapat harus dilakukan dalam koridor demokrasi,” kata dia. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
28o
Kurs