Sabtu, 27 April 2024

Tidak Terisi Penuh, Pemudik Gratis Membatalkan Perjalanan Last Minute

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Salah satu calon penumpang program Mudik Bareng Gratis Pemprov Jatim, saat menunggu pemberangkatan oleh Khofifah Indar Parawansa, Kamis (28/4/2022). Foto : Manda Roosa suarasurabaya.net

Antusias pemudik untuk pulang ke kampung halaman dengan mengikuti program ‘Mudik Bareng Gratis’ Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) sangat besar. Hal ini terlihat dari kedatangan para peserta mudik gratis tersebut,  ke titik pemberangkatan di depan kantor Dinas Perhubungan Jatim sejak pukul 06.00 WIB, Kamis (28/4/2022).

Meski demikian, mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pemberangkatan pada pukul 08.30 WIB, beberapa bus terlihat hanya terisi 50 persen, seperti bus Restu dengan tujuan Probolinggo.

Terkait hal ini, Daryono selaku Kernet dari Bus Restu mengatakan, jika penumpang di busnya hanya terisi lebih 50 persen saja.

“Dari kapasitas 50 seat hanya terisi 30 seat saja,” jelasnya.

Bus yang mengantarkan penumpang program Mudik Bareng Gratis Pemprov Jatim tampak tidak terisi penuh, Kamis (28/4/2022). Foto : Manda Roosa suarasurabaya.net

Kata Daryono, ini juga dialami beberapa armada bus lainnya yang tidak terisi penuh. “Bisa jadi karena armada bus yang dikerahkan hari ini 100 bus, banyak sekali, ” ujarnya.

Sementara itu, Arjani Kasi Keselamatan Dishub Jatim pada suarasurabaya.net menjelaskan, jika kekosongan seat tersebut karena banyak pemudik yang membatalkan last minute.

“Jadi kami verifikasi lagi ternyata ada yang batal ikut karena ada yang memutuskan berangkat lebih awal, ada yang memilih berangkat bersama keluarga besarnya,” jelas Arjani usai acara pemberangkatan.

Arjani menambahkan, Dishub Jatim sebenarnya ingin membuka kuota susulan. Namun, karena adanya informasi pembatalan dari pemudik lain yang mendadak di akhir-akhir pemberangkatan, pihaknya tidak bisa membuka kuota tersebut. (man/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs