Sabtu, 25 Mei 2024

Tiga Mobil Mewah Hangus Terbakar dalam Kebakaran Bengkel di Surabaya

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Tiga mobil yang hangus terbakar dalam kebakaran di Jalan Barata Jaya Surabaya pada Kamis (6/10/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Sebanyak tiga mobil hangus terbakar dalam insiden kebakaran bengkel di Jalan Barata Jaya Kota Surabaya, Kamis (6/10/2022) sore.

Ketiga mobil, yang salah satunya berjenis Alphard warna putih hanya menyisakan rangka kendaraan saja akibat insiden tersebut.

Zidan salah satu saksi yang mengetahui awal kejadian dan melaporkan ke 112 Command Center Surabaya, mengaku mendengar suara ledakan berkali-kali dari dalam bengkel.

Menurut Zidan, sekitar pukul 14.30 WIB setelah terdengar suara ledakan, api dengan cepat membesar disertai kepulan asap hitam membumbung tinggi.

“Tadi saya ngopi di warung depan bengkel situ. Suara ledakan berkali-kali saya kira petir, tapi ternyata oksigen buat cat dan las itu meledak,” kata Zidan pada suarasurabaya.net.

Petugas memasang garis polisi usai kebakaran di Bengkel UD Maju, Kamis (6/10/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Marselo, pemilik bengkel mengaku, tidak ada mekanik di dalam bengkel saat kebakaran terjadi. Ia sempat berupaya mengeluarkan mobil namun gagal.

“Saya tadi mau ngeluarin mobil tapi kejatuhan atap. Akhirnya tidak jadi. Tiga mobil hangus terbakar itu,” jelas Marselo.

Pantauan suarasurabaya.net di lokasi, petugas PMK yang tiba di lokasi berhasil memadamkan api sekitar pukul 15.10 WIB, dilanjutkan dengan proses pembasahan yang selesai pukul 15.30 WIB.

Sementara Dedik Irianto Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) mengatakan, laporan kebakaran pada petugas baru masuk pukul 14.32 WIB. Lima menit kemudian petugas yang tiba di lokasi langsung melakukan pemadaman api yang sudah membesar.

“Api dinyatakan padam 14.55 WIB,” kata Dedik pada awak media usai kejadian.

Dedik menambahkan, berdasarkan keterangan pemilik dan pegawai bengkel, mereka sempat berupaya melakukan pemadaman mandiri menggunakan sebanyak 7 apar (Alat Pemadam Api Ringan). Namun upaya ini tidak membuahkan hasil hingga akhirnya tiga mobil yang akan di cat oven terbakar habis.

“Jadi kejadian ini saat karyawan istirahat jam 13.00-14.00 WIB. Kita datang apinya sudah besar sekali. Kebakaran terjadi di mesin oven catnya. Tiga mobil yang terbakar itu, yang satu lagi di-oven, duanya antre,” ujar Dedik.

“Mereka sudah ada upaya pemadaman sendiri, karena pas kita datang ada 7 apar yang sudah dipakai tapi tidak bisa, api tetap besar,” tambahnya.

Pemadam kebakaran menemui pemilik bengkel UD Maju yang terbakar, Kamis (6/10/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Selain tiga mobil terbakar habis, satu karyawan laki-laki mengalami luka melepuh di tangan kanannya akibat insiden itu.

“Luka tangan kanan, derajat dua tiga persen saja,” imbuh Dedik.

Kemudian mengenai penyebab pasti kebakaran, Kompol Sodik Efendi Kapolsek Gubeng mengatakan masih menunggu hasil labfor.

“Nanti labfor yang tahu,” katanya saat ditemui di lokasi.

Sekitar pukul 15.30 WIB, pembasahan selesai, 12 unit mobil pemadam kebakaran berangsur meninggalkan lokasi.(lta/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
32o
Kurs