Jumat, 27 Mei 2022

Tiga Resep Utama Menjaga Toleransi di Tanah Air Menurut Khofifah

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim didampingi sejumlah pihak terkait saat menghadiri rangkaian kegiatan peringatan Natal tahun 2021 bersama TNI-Polri, ASN dan Masyarakat di Gedung Mahameru Mapolda Jatim, Jumat (14/1/2022). Foto: Humas Pemprov Jatim

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur menyebut ada tiga resep utama dalam merawat dan menumbuhkan sikap toleransi sebagai wujud menjaga persatuan di tengah pluralisme dan keberagaman di Tanah Air.

Menurut Khofifah, semua umat beragama harus mengedepankan Mutual Understanding, Mutual Respect, Mutual Trust (saling mengerti, saling menghargai dan saling percaya). Ketiga hal tersebut harus terus dibangun guna memberikan kesejukan kepada masyarakat.

“Resep lainnya adalah menyukuri berbagai perbedaan tersebut sebagai sebuah rahmat yang diturunkan Allah Tuhan Yang Maha Kuasa kepada Bangsa Indonesia,” ungkap Khofifah saat menghadiri rangkaian kegiatan peringatan Natal tahun 2021 bersama TNI-Polri, ASN dan Masyarakat di Gedung Mahameru Mapolda Jatim, Jumat (14/1/2022).

Khofifah menegaskan, di tengah perbedaan tersebut warga negara dituntut untuk mampu saling membangun toleransi satu sama lain. Dengan toleransi, kata dia, maka harmoni dapat senantiasa tercipta.

Dalam perayaan itu Khofifah mengungkapkan, kegiatan ini menjadi bukti tingginya upaya membangun persaudaraan antar umat beragama di Jatim.

Khofifah menyatakan, kegiatan seperti ini menjadi momentum untuk membangun sekaligus memberi penguatan persaudaraan dengan tulus ikhlas. Tak hanya itu, kegiatan tersebut juga mengajarkan kepada seluruh umat untuk senantiasa membangun cinta kasih di antara sesama.

“Dengan memiliki modal cinta dan persaudaraan di antara sesama, kita tidak akan mudah dimasuki hal-hal negatif yang dapat memecah persaudaraan intern dan antar umat beragama,” katanya.

Sebagai informasi, Natal 2021 yang digelar di Mapolda Jatim ini mengambil tema “Melalui Natal 2021 Kita Wujudkan Cinta Kasih Kristus Melalui Persaudaraan yang Tulus Ikhlas dalam Menjalankan Tugas”.

Adapun rangkaian kegiatan yang sudah dilakukan pada perayaan Natal Tahun 2021 adalah melakukan bhakti sosial di panti asuhan hingga pelaksanaan donor darah gabungan dari TNI – Polri bersama para ASN.

Acara ini juga dihadiri di antaranya lain Pangdam V Brawijaya, Brigjen Slamet Hadi Wakapolda Jatim, Oktavianus Budi Dankodikopsla Laksma, Laksamana Eko Kapoksahli Koarmada II, Brigjen TNI (Mar) Much Sulchan Kasgartap III Surabaya, dan beberapa kepala OPD di lingkup Pemprov Jatim.(dfn/den)

Berita Terkait

Surabaya
Jumat, 27 Mei 2022
25o
Kurs