Rabu, 24 April 2024

Tips Menghindari Kecelakaan Arus Mudik dari Kakorlantas Polri

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Irjen Pol. Firman Shantyabudi Kakorlantas Polri memberikan arahan pada pemudik. Foto: Humas Polri

Irjen Pol. Firman Shantyabudi Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri membagikan tips aman selama berkendaraan dan terhindar dari kecelakaan, kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan arus balik.

“Yang pertama disiapkan adalah stamina sebelum melakukan perjalanan jauh. Pastikan kesehatan prima, karena sehat dan tidak mudah lelah adalah mutlak syarat utama dalam berlalu lintas,” kata Firman dalam keterangan tertulis, Selasa (4/5/2022) dikutip Antara.

Menurut Firman, kondisi yang prima bagi pengemudi akan membuat konsentrasi fokus, dengan begitu potensi kecelakaan akan terminimalisir.

“Kemudian, bagi pengendara yang lelah atau mengantuk, jangan lupa istirahat karena yang terpenting adalah keselamatan,” ucapnya.

Selain itu, Firman menyarankan pengendara untuk memeriksakan kondisi kendaraan agar layak jalan. Hal ini, untuk meminimalisir kemacetan maupun kecelakaan akibat kelalaian pengemudi.

“Pastikan kembali kondisi kendaraan yang anda gunakan, seperti cek mesin, tekanan ban, dan kelengkapan lainnya. Sehingga kondisi kendaraan layak jalan,” ujarnya.

Selanjutnya, guna mengantisipasi kemacetan saat arus balik, Firman juga mengajak pemudik khusus wilayah Jawa yang akan kembali ke Jabodetabek untuk berangkat lebih awal. Ia berharap pemudik tidak menjadwalkan balik di tanggal 6, 7, dan 8 Mei 2022, karena diprediksi puncak arus balik akan terjadi di waktu tersebut.

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang nanti akan pulang mudik, untuk mempertimbangkan kembali. Jika pulang di tanggal 6, 7,dan 8 Mei itu puncak arus baliknya tinggi,” kata Firman.

Sebagai informasi, Polri berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan dan pemangku kepentingan terkait, telah menyiapkan 7 cara mencegah kepadatan arus lalu lintas saat arus balik Lebaran Idulfitri 1443 Hijriah/2022.

Irjen Pol. Dedi Prasetyo Kepala Divisi Humas Polri menyebutkan, tujuh cara mencegah kepadatan tersebut, di antaranya sistem satu arah (one way), manajemen sistem di Rest Area (RAMS) hingga menyiapkan rute alternatif. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
27o
Kurs