Kamis, 28 Maret 2024

TNI AU Lakukan Investigasi Penyebab Jatuhnya Pesawat T50i di Blora

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan
Tiga jet tempur T-50i Golden Eagle dari Skadron Udara 15, untuk melaksanakan Operasi Lintas Panah di Lanud Eltari Kupang. Foto: DISPEN AU

TNI Angkatan Udara akan melakukan investigasi untuk menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat T50i Golden Eagle TT-5009 yang jatuh di Desa Nginggil, Kradenan Blora, Jawa Tengah, pada Senin malam (18/7/2022).

Kecelakaan itu menyebabkan pilot Lettu Pnb Allan Safitra Indra Wahyudi gugur.

“Saat ini, TNI AU juga telah membentuk Tim Panitia Penyelidikan Kecelakaan Pesawat Udara (PPKPU) untuk menyelidiki sebab-sebab jatuhnya pesawat tersebut,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang dalam siaran persnya.

Kecelakaan pesawat itu menyisakan duka mendalam.

Tidak saja bagi keluarga, duka juga dirasakan seluruh jajaran TNI AU khususnya dan TNI serta masyarakat Indonesia pada umumnya.

Menurut dia, perwira penerbang lulusan AAU tahun 2015 dan Sekolah Penerbang TNI AU tahun 2017 itu gugur saat melaksanakan tugas latihan terbang malam.

Kepergiannya meninggalkan seorang istri yang baru dinikahi pada tahun 2021.

“Lettu Pnb Allan Safitra Indra Wahyudi mengalami kecelakaan saat menjalani latihan terbang malam.

Pesawat TT-5009 yang diterbangkan, dilakukan kontak radio terakhir pada pukul 19.07 WIB, dan akhirnya dilaporkan jatuh,” kata Indan seperti dikutip Antara.

Puing reruntuhan pesawat buatan Korea Aerospace Industry berkolaborasi dengan Lockheed Martin itu, dilaporkan aparat kewilayahan berada di desa Nginggil, Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Tim dari Lanud Iswahjudi, kata dia, pada Senin malam telah diberangkatkan ke lokasi jatuhnya pesawat. Hingga pagi ini tim masih melakukan evakuasi dan pengamanan lokasi.

TNI AU mengucapkan terima kasih atas peran serta aparat kewilayahan dan masyarakat dalam proses evakuasi dan pengamanan di lokasi kejadian.

Indan mengharapkan jika masyarakat menemukan bagian pesawat agar segera melaporkan kepada petugas di lokasi. (ant/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs