Sabtu, 27 April 2024

Turunkan 3000 Mahasiswa, Massa Aksi ABS Mulai Berkumpul Depan KBS

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Massa aksi yang mulai berkumpul di depan Kebun Binatang Surabaya (KBS) dari berbagai kampus, Kamis (14/4/2022). Foto: Tim redaksi suarasurabaya.net

Massa aksi mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi BEM Surabaya (ABS), sudah mulai berkumpul di depan Kebun Binatang Surabaya (KBS) sejak pukul 10.00 WIB, Kamis (14/3/2022).

Ahmad Yusuf Alkhakim Koordinator Umum ABS mengatakan, massa aksi yang tercatat dari aliansi gabungan kampus di seluruh Surabaya mencapai kurang lebih 3000 mahasiswa.

“Total mahasiswa yang turun ke jalan dalam hitungan kami sekitar 3000 mahasiswa, itu tidak termasuk buruh dan pelajar karena belum ada konfirmasi kepada kami,” kata Yusuf kepada suarasurabaya.net.

Yusuf menjelaskan, jalur yang akan dilewati oleh massa aksi adalah Jalan Diponegoro, menuju titik aksi di depan Kantor DPRD Jawa Timur di Jalan Indrapura Surabaya.

“Kawan-kawan aliansi mahasiswa lebih mengkondisikan di kampus masing-masing terlebih dahulu, kemudian baru berkumpul di depan KBS sebelum akhirnya bergerak menuju ke DPRD Jatim,” ujarnya.

Mahasiswa yang tergabung dalam ABS, kata Yusuf, diperkirakan baru bergerak pukul 12.00 WIB menuju DPRD Jatim karena menunggu pengondisian dari masing-masing kampus terlebih dahulu.

Pada pernyataan sebelumnya, seluruh BEM se Surabaya yang tergabung ke ABS sepakat menentukan tanggal 14 April 2022 untuk menggelar demo, hal ini merupakan inisiatif untuk melakukan aksi yang berfokus pada penuntutan sektor ekonomi.

Yusuf menyampaikan, sesuai hasil konsolidasi yang disepakati seluruh mahasiswa ABS, aksi hari ini merupakan aksi damai.

“Sesuai hasil kesepakatan bahwa aksi hari ini adalah aksi damai, meskipun tujuannya adalah membuat terhambatnya arus lalu lintas namun fokus utama kawan-kawan lebih kepada titik aksi di DPRD Jatim,” pungkasnya.(wld/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
26o
Kurs