Rabu, 24 April 2024

Jelang Rencana Unjuk Rasa BEM SI, Mahasiswa Surabaya Masih Adem Ayem

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Aksi unjuk rasa ribuan mahasiswa di depan gedung DPRD Jatim pada 25 September 2019, Foto: Dokumen suarasurbaya.net

Kompol Edi Hartono Kepala Satuan Intelijen Keamanan (Kasat Intelkam) Polrestabes Surabaya menyampaikan bahwa besok tanggal 11 April 2022 tidak ada unjuk rasa mahasiswa di kota pahlawan.

“Sampai saat ini masih negatif adanya aksi, tapi sore dan malam nanti mahasiswa se-Surabaya akan melakukan konsolidasi aksi,” ujar Edi Hartono kepada suarasurabaya.net, Minggu (10/4/2022).

Seperti diketahui, aliansi BEM Seluruh Indonesia (SI) pusat berencana akan mengadakan unjuk rasa di depan Istana Negara, Jakarta pada Senin (11/4/2022). Mereka membawa enam tuntutan yang akan disuarakan kepada Joko Widodo Presiden.

Enam tuntutan tersebut di antaranya, penegasan sikap dari Joko Widodo untuk menolak penundaan pemilu dan perpanjangan periode serta tuntutan tentang penundaan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru.

Selain itu, adapula tuntutan ketiga, empat dan lima adalah tentang stabilitas harga sembako, pengusutan mafia minyak goreng, hingga penyelesaian konflik agragria.

Terkait tidak adanya rencana unjuk rasa mahasiswa di Surabaya pada 11 April, Ach Faiq Koordinator Wilayah BEM SI Jawa Timur (Jatim) mengatakan, pihaknya masih menunggu hasil konsolidasi dari universitas yang tergabung sebagai anggota BEM SI Jatim, di wilayah masing-masing.

“Sejauh ini 22 anggota BEM SI Jatim masih dalam tahap konsolidasi di wilayah masing-masing. Setelah hasilnya keluar, baru kita putuskan lebih lanjut apakah turun ke jalan atau tidak,” terangnya kepada suarasurabaya.net, Minggu (10/4/2022).

Meski demikian, Faiq menambahkan, terdapat beberapa Universitas di Jawa Timur yang akan melakukan unjuk rasa di wilayah masing-masing, mengikuti yang ada di Jakarta.

“Memang ada kampus anggota BEM SI Jatim yang besok akan melakukan unjuk rasa mengikuti isu nasional. Tapi, mereka tidak mengatas namakan BEM SI,” tambahnya.

Beberapa wilayah di Jatim yang dimaksud akan melakukan unjuk rasa besok, antara lain Malang Raya, beberapa Kabupaten di Bangkalan, dan Jember. Sementara untuk wilayah Surabaya Raya masih belum ada indikasi unjuk rasa.

Sebagai informasi, laporan yang diterima dari Tim Khusus Badan Intelejen Strategi (BAIS) menyebut, unjuk rasa di Jakarta pada 11 April 2022 akan diikuti kurang lebih total 47 kampus negeri dan swasta yang tergabung dengan BEM SI.

Unjuk rasa yang baru dimulai pukul 13.00 WIB itu memiliki dua alternatif titik sentrum yaitu di Perpustakaan Nasional atau Sarinah, dan finish di Istana Negara pada pukul 16.00.

Namun, apabila pada pukul 17.00 massa unjuk rasa tidak diperbolehkan masuk ke Istana Negara, akan berpotensi terjadi kerusuhan.(wld/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs