Minggu, 25 September 2022

Upacara Detik-Detik Proklamasi di Grahadi Jadi Momentum Gaungkan Kebangkitan Ekonomi

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Suasana upacara detik-detik proklamasi yang berada di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, pada Rabu (17/8/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Pemerintah Provinsi Jawa Timur melaksanakan upacara Detik-detik Proklamasi HUT ke-77 RI di Gedung Negara Grahadi Surabaya, pada Rabu (17/8/2022). Dalam kesempatan itu, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur, bertindak sebagai inspektur upacara.

Mengusung tema ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat,’ upacara ini sekaligus menjadi momentum untuk menggaungkan kebangkitan ekonomi setelah pandemi panjang. Karena dampak dari adanya pandemi merata dan sangat terasa. Sehingga, tema ini diharapkan dapat menjadi semangat perubahan untuk menjadi lebih baik.

Upacara yang dimulai pada pukul 08.00 WIB ini terlebih dahulu menampilkan pertunjukan Tari Kolosal Sumpah Palapa, Reog Ponorogo dan Drum Band Genta Buana.

Setelah itu dilanjutkan dengan pengibaran Bendera Merah Putih di halaman Gedung Negara Grahadi oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra).

Dalam upacara kali ini, Pemprov Jatim juga mengundang masyarakat umum untuk hadir dan menyaksikan prosesi upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Total 1.250 warga yang mengikuti upacara ini. Masing-masing, 500 orang untuk yang mengikuti upacara detik-detik Proklamasi pada pukul 08.00 WIB dan 750 orang yang akan mengikuti upacara penurunan bendera pada pukul 15.00 WIB.

Informasi yang dihimpun suarasurabaya.net upacara ini beda dengan tahun sebelumnya.

Dua tahun dampak pandemi sebelumnya masyarakat tidak mengikuti upacara. Sedangkan tahun 2022 ini sudah bisa ikut, sehingga masyarakat lebih antusias.

Dengan ikutnya masyarakat upacara di Grahadi diharapkan kecintaan masyarakat terhadap negara bertambah. Selain itu diharapkan kondisi ekonomi dapat pulih dengan cepat dan kembali normal untuk menjalani aktivitas sehari-hari.(ris/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Minggu, 25 September 2022
28o
Kurs