Rabu, 24 April 2024

Wapres Lepas Calon Jemaah Haji Kloter 1 Embarkasi Surabaya Menuju Madinah

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Ma'ruf Amin Wakil Presiden RI saat menggelar press conference tentang pelepasan calon jemaah haji di Bandara Internasional Juanda Terminal 2, Sabtu (4/6/2022). Foto: Humas Pemprov Jatim

Ma’ruf Amin Wakil Presiden (Wapres) RI pada Sabtu (4/6/2022) sekitar pukul 07.30 WIB melepas sebanyak 446 calon jemaah haji (CJH) Kloter 1 Embarkasi Surabaya di Bandara Internasional Juanda Terminal 2.

Ma’ruf Amin yang berada di Jawa Timur dalam rangka kunjungan kerja didampingi Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur dalam pemberangkatan Kloter pertama CJH Surabaya menuju Tanah Suci.

“Ibadah tahun ini akan menjadi tolok ukur. Apabila tahun ini berjalan dengan baik InsyaAllah tahun depan berjalan normal,” kata Wapres di Terminal 2 Bandara Internasional Juanda.

Calon jemaah haji Kloter 1 Embarkasi Surabaya yang berjalan menuju garbarata pesawat di Bandara Internasional Juanda, Sabtu (4/6/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Seperti diketahui, keberangkatan calon jemaah haji Embarkasi Surabaya Kloter 1 asal Tuban ini menjadi yang pertama kalinya sejak dua tahun lalu karena adanya pandemi.

Oleh karena itu, Ma’ruf tetap memberi imbauan kepada para CJH untuk tetap menjaga kesehatan saat melakukan ibadah haji.

Ia mengingatkan bahwa Covid-19 belum sepenuhnya hilang serta tentang kondisi cuaca di Arab yang lebih panas daripada Indonesia.

“Komitmen pemerintah untuk jemaah haji adalah menyediakan dan meningkatkan fasilitas tim medis yang ada di Arab Saudi,” imbuhnya.

Peningkatan fasilitas kesehatan, kata Ma’ruf juga diperuntukkan menekan angka kematian jemaah haji. Pemerintah telah menyiapkan fasilitas kesehatan dan obat-obatan bahkan pelayanan rumah sakit di Mekkah, Madinah, dan Bandara.

“Semua jemaah kami pantau dan dari tahun ke tahun menurun serta terus kita evaluasi apa yang kurang,” imbuhnya.

Sebanyak 446 calon jemaah haji Kloter 1 Embarkasi Surabaya sudah menuju ke Bandara Internasional Juanda Terminal 2 dari Asrama Haji Surabaya sejak pukul 05.00 WIB.

Calon jemaah mulai turun dari bus sekitar pukul 07.00 WIB dan masuk ke terminal keberangkatan untuk menuju pesawat Saudi Arabia Airlines (SAA) menggunakan garbarata.

Raut wajah bahagia dan rasa penasaran tentang Tanah Suci menghiasi sepanjang mereka berjalan di lorong terminal keberangkatan. Bahkan beberapa dari mereka juga menyapa para rekan-rekan wartawan lainnya.

Lalu-lalang para calon jemaah yang turun dari 10 bus itu menghabiskan waktu sekitar 30 menit sebelum semuanya masuk ke dalam pesawat.

Jemaah Kloter 1 Embarkasi Surabaya yang berangkat dari Terminal 2 Bandara Internasional Juanda akan mendarat di Bandara Internasional Pangeran Mohammad Bin Abdul Aziz Madinah.

Sedangkan untuk Kloter 2 yang baru tiba di Asrama Haji Surabaya sekitar pukul 10.30 WIB dijadwalkan menuju Madinah pada Minggu (5/6/2022) melalui Bandara Juanda yang take off pada pukul 12.40 WIB apabila sesuai jadwal.(wld/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs