Jumat, 19 April 2024

446 CJH Tuban Sudah Tiba di Asrama Haji Surabaya, Siap Diberangkatkan ke Tanah Suci

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Calon jemaah haji asal Tuban yang sudah sampai di Asrama Haji Surabaya, mereka berkumpul di aula terlebih dahulu sebelum menuju ke kamar masing-masing, Jumat (3/6/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Sejumlah 14 bus yang membawa 446 calon jemaah haji (CJH) asal Tuban, sudah bersiap menuju Kota Surabaya saat pagi masih gelap. Selanjutnya, tepat pukul 08.00 WIB, para CJH telah sampai di Asrama Haji Surabaya, Jumat (3/6/2022).

Sebelum para CJH ini tiba, koper mereka sudah sampai terlebih dahulu sehari sebelumnya pada Kamis (2/6/2022) malam. Koper CJH yang berjumlah 446 itu diterima para petugas di Gudang Hall Mina dan segera diturunkan dengan penuh kehati-hatian oleh para petugas.

Sebelumnya, Husnul Maram Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur (Kakanwil Kemenag Jatim) dan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya menjelaskan, koper jemaah tiba di Asrama Haji lebih dahulu dibandingkan jemaahnya.

“Jadi koper jemaah kloter satu asal Tuban memang sudah tiba terlebih dahulu di asrama malam ini pukul 19.00 WIB,” terangnya pada Kamis malam.

Sesampainya para CJH di Asrama Haji, maka langsung diarahkan untuk berkumpul di aula untuk dilakukan pendataan terlebih dahulu dan diarahkan menuju kamar masing-masing.

Sementara itu, Ahmad Munir Kakanwil Kementerian Agama Kabupaten Tuban yang ikut menemani para CJH asal Kota Wali mengatakan, agenda para calon jemaah pada Jumat sore yakni bimbingan penjelasan tentang manasik haji dan kesehatan.

“Jam 1 dini hari nanti jemaah sudah harus bangun dan jam 3 pagi sudah perjalanan menuju Bandara Juanda,” kata Ahmad Munir kepada suarasurabaya.net, Jumat pagi.

Ahmad Munir juga menyampaikan, seharusnya kloter 1 asal Tuban ini mencapai 450 calon jemaah. Namun ada kendala pada empat calon jemaah haji, sehingga pada akhirnya yang diberangkatkan hanya 446 CJH.

Sesuai penuturannya, salah satu dari calon jemaah kloter 1 tersebut ada yang sedang dirawat di rumas sakit dan ada juga yang saat di PCR hasilnya positif. Untuk itu saat kondisi beberapa jemaah tersebut sudah memungkinkan bakal diikutkan pada kloter selanjutnya.

“Pada Tahun 2020 kemarin, calon jemaah asal Tuban jumlahya 1.262 orang dan tahun ini harus dipangkas menjadi total 593 calon jemaah saja,” pungkasnya.

Perlu diketahui CJH kloter 1 akan diterbangkan dari Bandara Juanda Surabaya menuju Bandara Madinah pada tanggal 4 Juni 2022 pukul 08.00 WIB, menggunakan maskapai penerbangan Saudi Arabia Airlines (SAA) dengan nomor penerbangan SV 5141P. (wld/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs