Kamis, 28 Maret 2024

Wapres Tegaskan NKRI Adalah Final

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ma'ruf Amin Wakil Presiden memberikan keterangan pers usai meresmikan Gedung Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab (PUSIBA), di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (22/2/2022). Foto: setwapres

Ma’ruf Amin Wakil Presiden menegaskan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah final sesuai dengan kesepakatan nasional, sehingga paham khilafah harus dihentikan karena menyalahi kesepakatan.

Hal tersebut diutarakan Wapres, menyikapi keberadaan organisasi Khilafatul Muslimin yang mengkampanyekan ideologi khilafah.

“Saya kira sudah jelas respons-nya dia itu menyimpang, karena kita di Indonesia sudah ada kesepakatan nasional, bahwa negara kita Republik. NKRI itu sudah final. Jadi kalau ada yang khilafah itu menyalahi kesepakatan nasional yang sudah menjadi landasan struktural,” ujar Wapres usai meresmikan Gedung Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab (PUSIBA), di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (22/6/2022) dikutip Antara.

Ma’ruf Amin mengatakan, organisasi Khilafatul Muslimin terpaksa dihentikan kegiatannya dan para mantan pengikutnya akan direhabilitasi.

Sebelumnya Mahfud MD  Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) menyatakan, penanganan terhadap organisasi masyarakat Khilafatul Muslimin yang dinilai mengancam ideologi Negara tetap harus memerhatikan hak asasi manusia.

Mahfud menegaskan, bahwa tujuan didirikannya ormas Khilafatul Muslimin, yakni menyebarkan ideologi khilafah dan dinilai bertentangan dengan ideologi Pancasila.

“Khilafatul Muslimin kita sikat kalau dia mengancam ideologi, tapi kita juga memperhatikan hak asasi manusia karena itu juga menjadi tugas Negara, melindungi hak asasi manusia,” kata Mahfud. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs