Jumat, 29 Maret 2024

Waspadai Cuaca di Wilayah Jawa Timur Berpotensi Hujan Sedang Hingga Lebat

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi Hujan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda mengeluarkan peringatan dini pada Sabtu (2/4/2022). Cuaca di sebagian wilayah Jawa Timur berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Berikut sesuai keterangan tertulis BMKG Juanda prakiraan cuaca hari ini:

Pada pagi hari, hujan diprakirakan akan mengguyur empat wilayah di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Banyuwangi, Bangkalan, Sumenep, dan Situbondo.

Sementara untuk siang sampai dengan sore hari, hujan dengan intensitas lebat akan mengguyur wilayah Kota Surabaya, Malang, Madiun, Kediri, Batu, Kabupaten Sidoarjo, Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Kediri, Malang, Batu, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, dan Situbondo.

Pada malam hari, hujan diprakirakan hanya akan mengguyur empat wilayah, yakni Kabupaten Sidoarjo, Gresik, Lamongan, dan Pasuruan

Di Jawa Timur, suhu udara akan mencapai 15 – 34 derajat Celcius dengan kelembapan udara 60 – 100 persen. Angin dominan berhembus dari Tenggara ke arah Selatan, dengan kecepatan 05 – 30 km/jam.

BMKG Juanda juga mengeluarkan peringatan dini 3 harian cuaca di wilayah Jatim sebagai berikut:

Sementara Informasi dari BMKG Maritim Perak Surabaya pada, Sabtu (2/4/2022) terdapat potensi hujan ringan hingga sedang terjadi di seluruh wilayah perairan di Jawa Timur.

Arah angin didominasi dari Selatan – Barat Daya, kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian Timur 13 knots (24 km/jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim 14 knots (26 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2-1.0 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.3-1.0 meter dan Samudera Hindia Selatan Jawa Timur antara 0.8-2.0 meter.

Belum terdapat potensi gelombang tinggi di sekitaran wilayah perairan Jawa Timur. (tha/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs