Jumat, 3 Mei 2024

Waspadai Hujan Disertai Petir, Dampak Bibit Siklon Tropis 99S

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi hujan disertai petir dan angin kencang. Grafis: suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau bibit siklon tropis 99S di bagian barat perairan Australia yang menginduksi kecepatan angin atau (low level jet) hingga mencapai 25 knot per jam yang mampu meningkatkan potensi munculnya awan hujan di wilayah sekitarnya.

Bahkan BMKG Juanda mengeluarkan peringatan dini pada Jumat (4/2/2022) dalam pesan teks yang diterima suarasurabaya.net. Masyarakat diminta mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat yang diprakirakan terjadi pada siang-sore hari di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kab. Mojokerto, Lamongan, Jombang, Nganjuk, Kab. Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Tulungagung, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. Kediri, Kota Kediri, Kab. Malang, Kota Malang, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Bondowoso dan Situbondo.

Sedangkan di malam hari kondisi serupa diprakirakan terjadi di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Gresik, Lamongan, Jombang, Nganjuk, Kab. Madiun, Kab. Blitar, Jember dan Bangkalan.

Untuk dini hari hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat diprakirakan terjadi di wilayah Sumenep.

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Timur hari ini suhu udara berkisar 15 – 33 °C. Kelembapan udara berkisar 60 – 100 %. Angin dominan dari Barat – Barat Daya dengan kecepatan 05 – 40 km/jam.

BMKG Juanda juga mengeluarkan peringatan dini 3 harian di Jawa Timur mulai 4 hingga 6 Februari 2022, berikut ini lengkapnya:

Sementara itu Gumilang Deranadian Prakirawan BMKG seperti dilansir Antara, Jumat (4/2/2022), mengatakan dampak sekitar bibit siklon tropis 99S, mereka memantau daerah konvergensi yang memanjang dari Samudera Hindia bagian barat Lampung yang memanjang hingga wilayah selatan Banten, serta di wilayah Selat Malaka bagian utara hingga ke bagian utara Aceh, Sumatera Utara hingga perairan barat Bengkulu.

Lalu BMKG juga memantau daerah konvergensi di perairan selatan Jawa hingga Jawa Timur, di wilayah perairan Laut Bali hingga Laut Sumbawa.

BMKG juga memantau daerah konvergensi di wilayah perairan selatan Filipina hingga Laut Sulawesi di mana kondisi-kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi munculnya awan-awan hujan di sekitar wilayah bibit siklon tropis dan di sepanjang wilayah konvergensi tersebut pada hari Jumat ini.

Sedangkan kondisi cuaca di 34 provinsi pada Jumat, BMKG memprakirakan di wilayah Sumatera secara umum berpotensi terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Namun mereka yang berada di Palembang kemungkinan merasakan hujan dengan intensitas sedang, sementara di Bengkulu berpotensi hujan disertai kilat maupun petir.

Sedangkan di wilayah Kota Padang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas lebat.

Untuk wilayah Pulau Jawa, ia mengatakan potensi hujan dengan intensitas sedang terjadi di Kota Serang, DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, serta Semarang. Sedangkan di Surabaya dan Bandung berpotensi hujan disertai kilat atau petir.

Sementara di Pulau Kalimantan, BMKG memprakirakan hujan ringan terjadi di Palangka Raya dan Banjarmasin. Sedangkan di Pontianak berpotensi hujan lebat, dan di wilayah Tanjung Selor dan Samarinda diprediksi cuaca berkabut.

Secara umum prakiraan cuaca untuk wilayah Pulau Sulawesi akan terjadi hujan ringan, kecuali wilayah Manado diprakirakan mengalami hujan sedang. Sedangkan untuk wilayah Denpasar berpotensi terjadi hujan sedang, sementara di Mataram terjadi hujan ringan dan di Kupang berpotensi hujan disertai kilat atau petir.

BMKG juga memprakirakan wilayah Ternate akan mengalami hujan dengan intensitas ringan, namun di Kota Ambon berpotensi hujan disertai kilat atau petir. Sedangkan di wilayah Manokwari dan Jayapura diprakirakan berawan.(ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
25o
Kurs