Jumat, 3 Februari 2023

Zelenskyy Klaim Pasukan Ukraina Tuai Hasil Positif di Medan Perang

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Volodymyr Zelenskyy Presiden Ukraina saat memberikan pidato ditengah perang negaranya melawan Rusia. Foto: Reuters

Volodymyr Zelenskyy Presiden Ukraina mengatakan bahwa pasukan Ukraina sejauh ini telah menuai sejumlah hasil positif di medan perang melawan invasi pasukan Rusia, sejak Februari 2022 lalu.

“Ini adalah wilayah Donetsk, ini adalah wilayah Kharkiv kami. Ini adalah wilayah Kherson, dan juga wilayah Mykolaiv dan Zaporizhzhia. Kami memiliki hasil positif di beberapa wilayah,” kata Zelenskiy dikutip Antara dari Reuters, Senin (26/9/2022).

Sebagai informasi, Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) mencatat lebih dari enam juta pengungsi telah meninggalkan Ukraina, sejak invasi Rusia dimulai pada 24 Februari lalu.

Sebelumnya, Joe Biden Presiden Amerika Serikat juga telah mengumumkan pemberian paket baru bantuan senjata senilai 600 juta dolar AS (sekitar Rp8,96 triliun), untuk membantu militer Ukraina memerangi Rusia.

Pemberian paket baru itu terungkap dalam surat yang dikirimkan Gedung Puith kepada Departemen Luar Negeri AS pada Kamis (15/9/2022) lalu.

Biden mengesahkan bantuan tersebut dengan menggunakan wewenangnya yang disebut sebagai Presidential Drawdown Autority. Dengan wewenang khusus itu, Presiden AS diperbolehkan memberikan izin untuk menyalurkan kelebihan persenjataan dari persediaan yang dimiliki AS. (ant/gat/bil/rst)

Berita Terkait