Minggu, 28 April 2024

100 Anggota Paskibraka Surabaya Mulai Jalani Pra Pelatihan

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Sebanyak 100 calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) menjalani pra pelatihan untuk persiapan upacara HUT ke-78 RI di halaman Balai Kota Surabaya, Jumat (21/7/2023). Foto: Antara

Sebanyak 100 orang pelajar SMA dan SMK yang merupakan calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Kota Surabaya mulai menjalani pra pelatihan untuk persiapan upacara HUT ke-78 RI pada 17 Agustus mendatang.

Maria Theresia Ekawati Rahayu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Surabaya mengatakan, tujuan pelatihan untuk pengenalan, baik fisik dan mental supaya nanti ketika sudah memasuki pemusatan latihan pada 4 Agustus 2023, mereka bisa lebih siap.

“Harapannya nanti hasilnya akan lebih optimal,” kata Maria dalam keterangannya di Surabaya dilansir Antara, Sabtu (22/7/2023).

Maria mengatakan, pra pelatihan yang dimulai pada Jumat (21/7/2023) kemarin lebih difokuskan pada tes kesehatan para anggota Paskibraka. Hal itu untuk mengetahui kondisi fisiknya, meskipun sebenarnya pada saat seleksi sudah dilakukan.

“Tapi kali ini dilakukan lagi hanya sebatas untuk mengetahui tensi mereka. Selain tes kesehatan, mereka melakukan registrasi dan dilanjutkan dengan pemanasan serta latihan fisik ringan,” ujarnya.

Menurutnya, 100 pelajar yang sudah masuk ke dalam calon anggota Paskibraka terdiri atas 50 putra dan 50 putri. Nantinya, setelah mereka melalui pelatihan fisik baris berbaris, selanjutnya akan dipilih siapa saja yang masuk ke kelompok 17 dan siapa saja yang masuk ke kelompok delapan dan yang masuk ke kelompok 45.

“Itu nanti kami lakukan setelah proses pemusatan pelatihan yang akan dimulai pada 4-14 Agustus 2023,” ujarnya.

Maria juga memastikan 100 pelajar ini sudah merupakan orang-orang pilihan, sebab pada saat pendaftaran, ada sebanyak 400 pelajar SMA dan SMK yang mendaftar, tapi karena kebutuhan kota hanya 100 orang, akhirnya terpilih 100 pelajar ini.

“Poin terbesar yang akhirnya mereka bisa lolos adalah pertahanan fisiknya, di samping intelektual mereka juga. Namun, prosentase terbesar penilaiannya adalah fisiknya, tampilan fisiknya kemudian kesegaran jasmaninya,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan, setelah pertemuan kali ini, pra pelatihan akan dilakukan dua kali lagi, yakni Sabtu ini dan Minggu depan. Setelah itu, baru mereka memasuki pemusatan pelatihan di tanggal 4 Agustus 2023.

“Untuk latihan fisik, kami memang bekerja sama dengan Garnisun,” ujarnya.

Selain mendapatkan pelatihan fisik baris berbaris, kata dia, mereka juga akan mendapatkan materi-materi tentang wawasan kebangsaan yang disampaikan oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Surabaya.

“Kami berharap mereka menjadi paskibraka yang pada saatnya nanti mereka juga akan ditetapkan sebagai Duta Pancasila Paskibraka Kota Surabaya,” tandas Maria. (ant/fra/saf/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs