Selasa, 18 Juni 2024

17 Ribu Jemaat Siap Sambut Perayaan Natal Nasional di Gereja Bethany

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Jamaah memadati seluruh ruangan di Gereja Bhetany Surabaya, Minggu (24/12/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Kota Surabaya ditunjuk sebagai tuan rumah perayaan Hari Natal Nasional 2023 pada Rabu (27/12/2023) mendatang. Gereja Bethany di Jalan Nginden Intan Timur I menjadi lokasi perayaannya.

Ronny Djaja Sanjata Ketua Yayasan Bethany Surabaya menyatakan, persiapan menyambut Hari Natal Nasional sudah 90 persen dilakukan oleh panitia lokal.

“Dari panitia lokal kami hanya perpanjangan tangan dari pemerintah pusat. Sejauh ini untuk persiapan sudah 90 persen jalan. Tinggal gladi bersih dan Paspampres hadir besok,” katanya.

Pada perayaan Hari Natal Nasional itu, Joko Widodo Presiden dijadwalkan hadir di Gereja Bethany Surabaya untuk menyambut 17 ribu jemaat yang hadi dari berbagai daerah se Indonesia.

“Besok karena alasan keamanan jadi 17 ribu orang karena yang hadir harus terdaftar. Harus ada QR code-nya,” imbuhnya.

Ronny menyebut, akan ada rangkaian kegiatan ibadah yang berbeda pada peryaan Hari Natal Nasional tahun ini. Kosep kegiatan ibadahnya disusun oleh Persatuan Gereja Indonesi (PGI) dan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Menurutnya, perayaan Natal Nasional ini merupakan yang pertama kali digelar oleh pemerintah di sebuah Gereja.

Meski begitu, Ronny mengaku tidak ada persiapan khusus dari tim panitia untuk melaksanakan kegiatan besok, sebab setiap minggunya Gereja Bethany sudah terbiasa menggelar ibadah yang dihadiri belasan ribu jemaat.

“Ini mungkin pertama natal nasional di gereja. Tapi yang pasti akan berbeda dari sisi ibadah pasti,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, sejumlah Forkopimda Jatim turut hadir melakukan peninjauan Ibadah Misa yang berlangsung hari ini dan melihat kesiapan untuk Hari Natal Nasional pada Rabu nanti.

Jajaran Forkopimda Jatim yang hadir antara lain, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur, Irjen Pol Imam Sugianto Kapolda Jatim, Mayjen TNI Rafael Granada Baay Pangdam V Brawijaya, dan Husnul Maram Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jatim.

Pada peninjauan tadi Mayjen TNI Rafael mengatakan kesiapan pihak gereja sebagai panitia lokal untuk menyambut kedatangan presiden sudah berjalan dengan baik.

“Kami selalu berkomunikasi dengan Ibu Gubernur dan Pak Kapolda dan panitia kebetulan dari Kemenkominfo yang akan melaksanakan kegiatam Natal Nasional yang dipusatkan di Jawa Timur (Surabaya),” kata Rafael.

Pangdam V/Brawijaya itu mengatakan segala persiapan yang dibutuhkan sudah berjalan dengan baik. Begitu juga dengan skema pengamanan Natal Nasional yang dikunjungi Jokowi.

Rafael juga mengimbau kepada seluruh jemaah agar mengikuti semua peraturan perayaan Natal Nasional nanti supaya bisa berjalan dengan tertib dan aman.

“Semua personel di Surabaya akan kita kerahkan, termasuk juga dari Pak Kapolda,” katanya.

Sementara itu Khofifah Gubernur Jatim berharap pelaksanaan Natal tahun ini bisa menjadi momen untuk berbagi kasih bagi yang melaksanakan.

“Semoga Ibadah Natal di tahun ini berjalan lancar dan penuh kasih bagi masyarakat yang merayakan Natal,” tandas Khofiah. (wld/saf/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 18 Juni 2024
28o
Kurs