Minggu, 12 Mei 2024

Surabaya Tuan Rumah Natal Nasional, Wali Kota Ingatkan Kembali Tentang Toleransi

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya bersama Forkopimda mengunjungi Gereja Katedral Surabaya usai apel pengamanan perayaan Natal, Sabtu (24/12/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya kembali mengingatkan toleransi menjelang perayaan Natal. Apalagi Kota Pahlawan menjadi tuan rumah Natal Nasional tahun ini.

Eri Cahyadi menyebut, perayaan Natal Nasional akan digelar di Gereja Bethany Nginden pada 27 Desember 2023.

“Insyaallah kemarin kami sudah rapatkan, nanti akan dilakukan Natal Indonesia itu ada di Kota Surabaya di Gereja Bethany,” kata Eri pada Sabtu (9/12/2023).

Berkaitan itu, Eri mengaku sudah berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), untuk menjamin toleransi antar umat beragama.

“Insyaallah masyarakat Surabaya khususnya yang muslim juga sudah toleransinya sangat tinggi. Kita juga diajarkan untuk bagaimana bagimu agamamu, dan bagiku agamaku,” katanya.

Ia berharap umat muslim di Surabaya tetap ikut berkontribusi dalam pengamanan gereja seperti yang sudah diterapkan tahun-tahun sebelumnya.

“Kami juga sudah mengingatkan bagaimana nanti kita akan tetap seperti tahun-tahun kemarin untuk memberikan pengamanan gereja. Kami lebih baik menyiapkan segala sesuatu yang terburuk. Tapi insyaallah Surabaya juga dijaga oleh warga Surabaya yang penuh dengan toleransi,” jelasnya.

Semua imbauan itu, lanjutnya, akan tertuang dalam Surat Edaran (SE) yang diterbitkan sebelum Natal dan Tahun Baru.

“Satu, bagaimana menjaga keamanan. Dua, bagaimana kesiapan gereja-gereja. Tiga, bagaimana masyarakat tetap menjaga toleransi,” tandasnya. (lta/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 12 Mei 2024
28o
Kurs