Kamis, 25 April 2024

200 Nahdliyin Pasuruan Akan Jalan Kaki ke Sidoarjo untuk Satu Abad NU

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
KH Imron Mutamakkin Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan. Foto: NU Online

Sekitar 200 jemaah asal Pasuruan akan melakukan jalan kaki (long march) menunuju Gelora Delta Sidoarjo. Kurang lebih jarak yang akan ditempuh dari kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan ke lokasi, mencapai 50 km.

Jarak puluhan kilometer tersebut tidak menyurutkan semangat mereka untuk melakukan napak tilas dan kirab.

“Dua ratus lebih peserta jalan kaki start dari kantor PCNU Kabupaten Pasuruan. Kemudian ada kader PCNU Bangil yang akan bergabung dengan menunggu di Alun-alun Bangil,” kata Ustadz Mukhamad Ghufron koordinator napak tilas dan kirab, Sabtu (4/2/2023).

Dilansir dari laman resmi NU, dalam perjalanan menuju lokasi nantinya akan ada empat pit stop (pemberhentian) untuk istirahat peserta kirab. Yang pertama di Masjid Gus Dur, Kecamatan Kraton, kemudian di Sentra Produk Unggulan atau Bangkodir, Kecamatan Bangil.

Selanjutnya pit stop ketiga direncanakan di masjid di daerah Kecamatan Porong, Sidoarjo. Sedangkan pit stop terakhir ada di kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama atau MWCNU Candi Sidoarjo

Ghufron mengatakan sudah mengingatkan agar peserta kirab nantinya lebih disiplin dan mematuhi peraturan panitia, dengan menjaga ketertiban di jalan raya sehingga tidak mengganggu lalu lintas.

Ia melanjutkan, kalau masalah konsumsi, peserta tidak perlu khawatir karena dirinya sudah menyiapkan untuk bekal perjalanan.

Sementara untuk perjalanan pulang, nantinya panitia sudah menyiapkan lima bus yang siap membawa peserta dari Gelora Delta menuju PCNU Kabupaten Pasuruan.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, ada banyak peserta yang berangkat dengan jalan kaki untuk menghadiri perayaan “Satu Abad NU” di Gelora Delta Sidoarjo. Diantaranya, dari Kabupaten Gresik, Surabaya, dan Jombang. (ihz/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
29o
Kurs