Sabtu, 27 April 2024

24 Tahanan KPK Menjalani Kebaktian Natal 2023

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Sebanyak 24 tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melaksanakan perayaan Natal 2023 di dalam rumah tahanan (Rutan) pada Senin (25/12/2023). Foto: Dok KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memfasilitasi kebaktian Natal bagi 24 orang tahanan lembaga antirasuah yang merayakan Natal 2023.

Ali Fikri Kepala Bagian Pemberitaan KPK menyebutkan, sebanyak 20 orang tahanan mengikuti kebaktian Natal di Rutan KPK, sementara empat orang lainnya di Rutan Puspomal.

Melansir dari Antara, Ali mengatakan ibadah Natal dipimpin oleh Pendeta Djefri Kansil dan kebaktian mengangkat tema “Only by His Grace” (Yohanes 3:16).

Tidak hanya itu, KPK juga telah menerima 95 orang pengunjung yang datang langsung ke Rutan. Para keluarga dan kerabat tersebut mengunjungi 31 orang tahanan KPK dari total 89 orang tahanan KPK yang ada saat ini.

Layanan kunjungan tersebut tidak hanya untuk mereka yang merayakan Natal saja, namun dipersilakan bagi seluruh tahanan KPK lainnya.  Selain kunjungan secara langsung, sebanyak 15 orang tahanan juga menerima kunjungan dari para keluarga dan kerabatnya secara virtual.

Ali mengungkapkan fasilitasi ibadah dan kunjungan khusus ini sebagai wujud penghormatan terhadap hak-hak dasar bagi setiap insan beragama, termasuk bagi tahanan KPK.

“Hal ini sekaligus selaras dengan azas-azas pelaksanaan tugas dan kewenangan KPK yang diatur dalam Pasal 5 UU Nomor 19 Tahun 2019, yaitu kepastian hukum, keterbukaan, akuntabilitas, kepentingan umum, proporsionalitas, dan penghormatan terhadap hak asasi manusia,” pungkas Ali. (ant/feb/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs