Senin, 27 Mei 2024

260 Kendaraan Konversi Listrik Karya Siswa SMK Jatim Dipamerkan

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Salah satu kendaraan konversi listrik dari SMK asal Sidoarjo yang dipamerkan dalam expo dan parade di SMKN 6 Surabaya, Kamis (26/10/2023). Foto: Humas Pemprov Jatim.

Dinas Pendidikan Jawa Timur (Dindik Jatim) menggelar expo dan parade 260 kendaraan konversi listrik karya siswa SMK Negeri se-Jatim di SMKN 6 Surabaya, untuk menyemarakkan pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Nasional XXXI.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim menyebut 260 kendaraan konversi listrik ini terdiri dari 235 kendaraan listrik roda dua, 24 kendaraan roda empat, dan satu roda tiga.

“Yang menarik Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di kendaraan listrik ini rata-rata 50 persen. Karena ada beberapa produk yang masih impor seperti velg misalnya,” kata Khofifah, Kamis (26/10/2023).

Dalam parade yang berlangsung di SMKN 6 Surabaya itu, juga dipamerkan kendaraan yang menggunakan tenaga surya atau solar cell. Menurut Khofifah, rancangan mobil itu bisa mengurangi pemakaian energi non fosil apabila diterapkan.

“Tadi saya tanya kalau musim hujan bagaimana. Ternyata mereka juga kerja sama dengan PLN untuk recharge-nya,” ujar Gubernur Jatim.

Sementara itu Aries Agung Paewai Kadindik Jatim mengatakan, kegiatan expo dan parade ini menjadi upaya promosi kendaraan listrik kepada khalayak luas di Jatim.

Apalagi, parade ini bersamaan dengan momentum LKS Nasional yang berlangsung di Provinsi Jatim. Sehingga seluruh SMK se Indonesia bisa melihat karya siswa Jatim merancang kendaraan konversi listrik.

“Tentunya ini didukung dengan berbagai sarana prasarana serta kelengkapan infrastruktur. Kita ingin menampilkan ke seluruh provinsi bahwa produk-produk SMK kita sangat luar biasa,” katanya. (wld/and/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Senin, 27 Mei 2024
25o
Kurs