Kamis, 2 Mei 2024

3 Calon Ketua Pengwil Jatim INI Sampaikan Visi Misi di Surabaya Rabu Besok

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Kiri-Kanan: Isy Karimah Syakir, Siti Anggraenie Hapsari, dan R. Imam Rahmat Sjafi'i tiga calon Ketua Pengwil Jatim INI. Foto: Istimewa

Pengurus Wilayah (Pengwil) Jawa Timur (Jatim) Ikatan Notaris Indonesia (INI) akan menggelar Konferensi Wilayah (Konferwil) pada 9 Januari 2024. Di mana agenda utamanya adalah pemilihan Ketua Pengwil Jatim INI periode 2023-2026.

Ada tiga calon ketua yang akan maju dalam Konferwil tahun depan. Mereka adalah Siti Anggraenie Hapsari sang incumbent yang ditantang Isy Karimah Syakir dan R. Imam Rahmat Sjafi’i.

Sebelum berlangsungnya Konferwil tersebut, ketiga calon ketua bakal menyampaikan visi dan misinya di depan para notaris anggota di Gedung Samator, Surabaya, Rabu (20/12/2023) besok.

“Sosialisasi ini menjadi momentum bagi para notaris di Jawa Timur untuk ikut ambil bagian dalam memilih calon pemimpin Pengwil INI Jatim. Untuk menilai, sejauh mana seorang bakal calon memahami tantangan organisasi dan profesi dalam beberapa tahun ke depan,” kata Ami Raditya Ketua Panpel Sosialisasi Bersama Bakal Calon Ketua Wilayah Jatim INI.

Ami Raditya Ketua Panpel sosialisasi bersama bakal calon Ketua Pengwil Jatim INI. Foto: Istimewa

Menurut Ami Raditya, ketiga calon ketua akan diberi kesempatan untuk meyakinkan para notaris yang memiliki hak pilih, bahwa mereka layak menjadi pucuk pimpinan notaris di Jawa Timur.

Bagi yang berhalangan datang ke Surabaya, para notaris bisa berpartisipasi melalui ZOOM dan YouTube karena agenda ini akan disiarkan secara langsung.

Dari ketiga calon di atas, nama Siti Anggraenie Hapsari paling berpengalaman di organisasi ini. Sebab dia adalah Ketua Pengwil Jatim INI periode 2019-2023.

Selama kepemimpinannya, perempuan yang akrab dipanggil Henny itu aktif menggelar berbagai event yang menyasar berbagai sektor. Mulai sport tourism hingga berbagai ajang internal untuk menguatkan jejaring sesama notaris, serta sejumlah seminar peningkatan kapasitas anggota.

Sementara dua calonnya juga berpengalaman di berbagai organisasi. Isy Karimah saat ini menjabat Ketua Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Pengwil Jatim. Sedangkan R. Imam Rahmat merupakan Ketua Pengda Malang Raya INI.

Ami Raditya mengatakan, tantangan bagi organisasi ke depan bakal semakin berat. Sebab perkembangan teknologi kini mulai mendisrupsi kerja-kerja kenotariatan.

Oleh karena itu, kata Ami, para calon ketua Pengwil Jatim INI harus punya perspektif luas. INI tidak bisa menjadi organisasi eksklusif yang hanya memikirkan dirinya sendiri.

Lebih dari itu, INI juga diminta untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas untuk semakin menguatkan peran notaris di dalam masyarakat. (saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs