Kamis, 23 Mei 2024

65 Ribu Keluarga Miskin Surabaya Bakal Punya Penghasilan Empat Juta Sebulan

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Pengarahan Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya pada seluruh lurah, camat, dan kepala OPD, Jumat (14/7/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menarget 65 ribu KK keluarga miskin mendapat penghasilan minimal empat juta per bulan, mulai Agustus 2023.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menantang seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, dan lurah, untuk komitmen mencapai target dengan menandatangani surat keterangan.

Jika target tidak tercapai, sebagai konsekuensi, pejabat yang bersangkutan akan mengundurkan diri.

“Saya sudah sampaikan setahun yang lalu. Jadi sudah ada surat pernyataan dikumpulkan hari ini, (bunyinya) bahwa kami nama ini, jabatan ini, akan menyelesaikan semua warga miskin untuk mendapatkan tambahan dengan memberi modal dan lain-lain, sehingga pendapatan minimal 4 juta. Jika tidak bisa saya mengundurkan diri,” urainya lagi.

Bentuk intervensi, lanjutnya, diserahkan terhadap lurah camat masing-masing. Bisa melalui program padat karya, atau pemberian modal usaha.

“Kita berikan gerobak, rombong (untuk berjualan) lalu kita pantau,” tambahnya.

Menurut Eri, upaya itu untuk mengurangi angka keluarga miskin dan kemiskinan ekstrem di Surabaya.

“Jadi keluarga miskin itu penambahan pendapatan itu sudah ada tapi dua juta misal, itu biarkan. Tapi anaknya yang belum kerja dikasih tambahan penghasilan apa. Jumlah kemiskinan ekstrem ada tiga ribuan KK,” tandasnya. (lta/dvn/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Kamis, 23 Mei 2024
27o
Kurs